Kota Mataram

Antisipasi Lakalantas Saat Mudik Lebaran, Polresta Mataram Cek Sarana Angkutan Umum

Mataram (NTB Satu) – Sat Lantas (Satuan Lalu Lintas) Polresta Mataram melakukan pengecekan kelayakan sarana angkutan umum lebaran tahun 2022, sekaligus sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada penumpang bus di terminal bus Mandalika dan Pool Damri, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Jumat 22 April 2022.

Kasat Lantas Kompol Bowo Tri Handoko mengungkapkan, pengecekan tersebut untuk memastikan keamanan angkutan umum yang akan digunakan dalam kondisi siap pakai dan layak.

“Kami melakukan kegiatan pengecekan terhadap kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk mudik lebaran Idul Fitri, dimana pengecekan tersebut meliputi cek rem, cek ban dan lain-lain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” terang Bowo.

Dalam kegiatan ini melibatkan Unit Gakkum dan Unit Kamseltibcar Sat Lantas Polresta Mataram bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Mataram.

“Hal ini dilakukan karena pandemi Covid-19 pada dua tahun lalu ada larangan mudik, sehingga diperkirakan tahun ini terjadi kenaikan jumlah pemudik yang sangat signifikan,” imbuhnya.

Kompol Bowo juga mengingatkan agar sopir tetap mengutamakan keselamatan, dengan beristirahat ketika mengalami kelelahan. “Tempat peristirahatan di sepanjang jalur mudik sudah disediakan, demi keselamatan dan kenyamanan para pemudik. Pemudik juga bisa mengingatkan sopir bila sudah terlihat lelah untuk istirahat,” ujarnya.

Secara umum, jelas Bowo kendaraan yang akan dimanfaatkan oleh para pemudik, baik yang ada di terminal Mandalika maupun perusahaan angkutan lainnya dalam kondisi normal.

“Secara teknis bagus, alat-alat pelengkap seperti rem, sen, klakson dan lainnya berfungsi baik termasuk surat-surat kelengkapan kendaraannya,” pungkas Bowo. (MIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button