Daerah NTB

Libur Panjang Lebaran, Jumlah Wisatawan Domestik Diprediksi Meningkat

Mataram (NTB Satu) – Cuti bersama dan libur Lebaran tahun 2022 ini cukup panjang, yaitu 10 hari dari tanggal 29 April sampai 8 Mei mendatang. Jumlah itu merupakan akumulasi dari cuti bersama, libur akhir pekan, dan libur hari Raya Idul Fitri. Libur panjang ini diprediksi akan meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke NTB.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi mengatakan, destinasi wisata dan pengusaha akomodasi sangat siap menerima tamu yang datang berlibur ke Lombok maupun Sumbawa di momentum libur panjang lebaran ini.

Di samping wisatawan domestik yang umumnya dari Pulau Jawa, destinasi wisata NTB juga diprediksi akan diserbu oleh wisatawan lokal. Sebab dengan membaiknya kondisi pandemi dan siapnya destinasi wisata, maka aktivitas berlibur usai lebaran diperkirakan akan lebih ramai.

“Kamar-kamar tersedia dan teman-teman di destinasi juga sedia. Kalau kita prediksi potensinya libur panjang lebaran ini oleh wisatawan domestik. Selain domestik, ada pergerakan wisatawan lokal NTB,” kata Yusron Hadi kepada Kamis 21 April 2022.

Ia mengatakan, pelaku wisata di NTB sudah memiliki pengalaman yang baik saat menghadapi tingginya permintaan kamar di momentum MotoGP kemarin. Sehingga dengan modal tersebut, pelaku wisata siap menghadapi potensi kunjungan wisata yang cukup tinggi di libur panjang lebaran tahun ini.

“Berkat event yang kemarin, teman-teman di akomodasi dan destinasi bisa melakukan perbaikan-perbaikan terhadap destinasinya, penginapannya dan lain sebagainya, karena sudah ada geliat,” tambahnya.

Selain itu, mulai bulan Mei nanti, wisatawan dari Malaysia juga diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan dibukanya kembali penerbangan Air Asia Kuala Lumpur – Lombok mulai tanggal 1 Mei 2022. Ketika ada konektifitas penerbangan, maka akan diikuti oleh peningkatan angka wisatawan yang datang berlibur. Tentu kondisi ini sangat disambut baik oleh Pemda dan pelaku wisata.

“Pangsa pasar luar negeri, kita juga ingin masuk lewat Hub Malaysia dan mudahan ini akan menambah angka kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah kita. Kebanyakan wisman menyukai wisata alam dan budaya,” katanya.

Awal pekan kemarin, Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah melakukan pertemuan dengan CEO Air Asia di Jakarta. Hasil petemuan itu adalah, selain akan membuka rute Kuala Lumpur – Lombok. Air Asia juga akan membuka penerbangan rute Lombok – Perth dan Lombok – Melbourne, Australia.

Selain akan membuka beberapa rute penerbangan internasional ke Lombok, Gubernur juga mengatakan AirAsia juga siap mengangkut kru dan pembalap Motocross Grand Prix (MXGP) yang akan digelar 24 – 26 Juni mendatang.

“Terima kasih juga pada Air Asia yang siap menerbangkan crew dan pembalap-pembalap MXGP ke Sumbawa untuk perhelatan MXGP akhir Juni nanti,” kata Gubernur.(ZSF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button