Daerah NTB

Butuh 3.000 Kamar Hotel Bintang 5 Jadi Syarat Formula 1 di Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Setelah sukses menggelar MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Pemerintah Provinsi NTB optimis dan mendukung penuh balapan Formula 1 (F1) bisa terselenggara di Mandalika.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB, H. Ridwan Syah mengatakan, syarat yang paling penting untuk dipenuhi adalah kesiapan akomodasi atau penginapan.

Menurutnya, event balapan F1 dapat digelar ketika jumlah kamar hotel bintang 5 mencapai 3.000 kamar. Itu karena perhelatan F1 menyita jauh lebih besar animo masyarakat dunia ketimbang kejuaraan balapan yang lain.

“Syaratnya harus ada 3.000 kamar hotel bintang 5. Sedangkan saat ini, di Kawasan Mandalika baru ada 800 kamar di hotel Pullman, Raja, dan  Novotel,” katanya dikonfirmasi ntbsatu.com, Jum’at 25 Maret 2022.

Butuh waktu satu hingga dua tahun untuk membangun 2.200  kamar hotel.

“Ya semua butuh proses, ada administrasinya, negosiasinya, dan pembayarannya. Tapi kami tetap yakin bisa adakan F1 di Mandalika,” ujar Ridwan.

Sementara untuk syarat yang lain, kata Ridwansyah, secara prinsip sudah memenuhi syarat, baik dari fasilitas kesehatan (faskes) dan infrastruktur pendukung yang lain.

“Paling ada penambahan-penambahan kecil, seperti ban bekas di sirkuit nanti. Kalau faskes, secara prinsip sudah, karena contohnya bisa kita tangani di RSUP waktu Marquez kecelakaan kemarin,” imbuhnya.

Kepastian F1 bisa digelar di Mandalika saat ini bolanya ada di ITDC (Indonesia Tourism Development Coporation).

Ia juga berharap ada intervensi atau campur tangan langsung Presiden, Joko Widodo, dalam memuluskan perhelatan F1 di Mandalika.

“Bolanya ada di ITDC sekarang, tinggal dia merajut kembali ke pihak F1 dan pemerintah pusat. Kita berharap ada campur tangan Presiden,” tandasnya.

Langkah untuk mewujudkan balapan F1 di Mandalika sudah dimulai dari tahun lalu. Ridwan bersama Dirut ITDC sempat bertandang ke Abu Dhabi. Bertemu dengan pihak penyelenggara F1.

Kemudian di awal Januari 2022 lalu, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah sempat bertemu dengan Gerwin Beran. Gerwin Beran disebut sebagai pihak yang menyelenggarakan balapan F1 di Sirkuit Red Bull Ring di Austria serta di Sirkuit Hungaroring di Hungaria. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button