Daerah NTB

Setelah MotoGP Sukses, NTB Kini Ingin F1 Digelar di Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit 18 – 20 Maret 2022, NTB kini membidik jadi tuan rumah penyelenggaraan Formula One atau F1 tahun 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB H. Ridwan Syah yang pernah berkomunikasi langsung dengan Chairman of Formula 1 Steffan Dominoceli di Abu Dhabi, Desember 2021 kemarin mengatakan, pihak F1 menilai Sirkuit Mandalika sangat memenuhi syarat sebagai tempat belapan F1.

“Ketika kita berhasil MXGP dan MotoGP, lalu kita mau Formula One. Saya hadir di Abu Dhabi mewakili Pak Gubernur, komitmen F1 mereka siap akan menyelenggarakan F1 pada tahun 2024 di Mandalika, karena Sirkuit Mandalika sangat memenuhi syarat,” kata Ridwan Syah Senin 21 Maret 2022.

Ridwan Syah mengatakan, selain MotoGP harus sukses digelar, pihak F1 juga mensyaratkan agar dihadirkan 3000 kamar hotel bintang lima di Mandalika. Saat ini di Mandalika baru tersedia kamar hotel bintang lima sebanyak 800 kamar dari tiga hotel bintang lima di kawasan tersebut yaitu Novotel, Pullman dan Raja Hotel.

“Artinya kita butuh membangun sekitar 10 hotel lagi. Kami dan ITDC sangat optimis, ketika MotoGP sukses, kemarin kamar hotel kurang, Insya Allah investor akan segera membangun kamar-kamar di Mandalika maupun di kawasan-kawasan yang sudah direncanakan dibangun hotel,” katanya.

Ridwan Syah mengatakan, dengan estimasi membangun hotel berbintang membutuhkan waktu antara satu setengah sampai dua tahun, maka NTB bersama ITDC akan mencoba mengusulkan Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa menjadi sirkuit F1 tahun 2024.

“Kita terus melakukan evaluasi, pada WSBK nanti juga terus kita evaluasi, tahun depan lagi kita sempurnakan,” tutup Ridwan Syah. (ZSF)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button