Kota MataramPendidikan

Kota Mataram Mau Bangun Perpustakaan, Pemkot Mataram Lakukan Peninjauan

Matarm (NTB Satu) – Walikota Mataram Mohan Roliskana melakukan pertemuan bersama Kepala Perpustakaan Nasional (Kaperpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando guna membahas rencana pembangunan gedung baru Perpustakaan Kota Mataram. Pertemuan berlangsung di Ruang Kantor Walikota Mataram, pada Senin, 21 Maret 2022.

Saat ini, Pemkot Mataram sedang melakukan peninjuan lapangan dan pelengkapan administrasi pendukung pembangunan tersebut.”Rencananya akan dibangun di pusat perkantoran Kota Mataram, di Lingkar Selatan. Saat ini sedang peninjauan lapangan dan kelengkapan administrasi,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa.

Ia menyebutkan, rangkaian tersebut sebagai syarat untuk memperoleh alokasi dana khusus dari pusat, yang ditargetkan akan cair pada tahun 2022 ini.

“Ini sebagai pemenuhan syarat-syarat kucuran dana alokasi khusus yang dikeluarkan pemerintah pusat melalui Badan Kearsipan Nasional, sebagai komitmen pembangunan gedung Perpustakaan Mataram. Diharapkan tahun ini, atau paling lambat tahun depan dana itu bisa dikucurkan, dan pembangunannya dikonkretkan terbangun tahun 2022 atau 2023,” imbuhnya.

Ditanya mengenai jumlah anggaran, ia belum bisa memastikan angka yang pasti. Karena menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi jumlah anggaran yang akan dikucurkan pemerintah pusat.

“Belum bisa dipastikan. Inikan tergantung dari luas lahan, gedung, dan sarana pendukung lainnya. Tadi dokumen-dokumen pendukung itu sudah diserahkan, tinggal dipelajari oleh pemerintah pusat, dan tergantung berapa yang di ACC,” ungkap Suwandiasa.

Adapun pembangunan perpustakan tersebut akan direncanakan berkonsep kekinian. Dimana selain sebagai tempat membaca, juga akan dilengkapi fasilitas pendukung interaksi antar masyarakat yang berkunjung. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button