MotoGP

Selain Personel, Basarnas Siagakan Dua Helikopter Dukung MotoGP

Mataram (NTB Satu) – Sebanyak dua unit helikopter milik Basarnas tiba di Helipad Medical Center Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Kamis 17 Maret 2022. Dua unit helikopter itu yakni HR-3606 dan HR-3604 didatangkan sebagai sarana pendukung gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH saat memantau kedatangan helikopter Basarnas tersebut menjelaskan, dua helikopter tersebut akan disiagakan untuk mengevakuasi ketika adanya pembalap yang mengalami kecelakaan.

IKLAN

“Helikopter ini kami gunakan untuk antisipasi jika ada pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan evakuasi medis udara,” ungkap Nanang.

Nantinya pembalap yang mengalami kecelakaan tersebut akan dievakuasi dari sirkuit menggunakan kendaraan ambulan. Selanjutnya, jika kondisinya membutuhkan penanganan khusus, maka akan dievakuasi melalui udara menggunakan helikopter Basarnas menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB. Di luar itu akan ditangani di Medical Center Sirkuit Mandalika.

Dikatakan Nanang, sebelumnya Basarnas juga sudah menyiagakan ratusan personel dalam mendukung gelaran MotoGP di Mandalika di luar area Sirkuit. Hal tersebut dalam rangka antisipasi terjadinya kecelakaan yang menimpa penonton maupun warga.

“Kru helikopter ada 11 personel sementara yang ada di luar tier 1 ada 133 personel,” pungkasnya. (MIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button