Daerah NTBMotoGP

Helikopter Basarnas Dilengkapi Peralatan Medis untuk MotoGP

Mataram (NTBSatu) – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo meninjau pengamanan MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Helikopter yang disiapkan dilengkapi peralatan medis.

Kabasarnas mengecek pengamanan bersama sejumlah pihak. Antara lain, Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan,dan Kesiapsiagaan, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno.

Kemudian, Komandan Pangkalan Udara ZAM Kolonel Pnb Sonny Irawan, Direktur Kesiapsiagaan, Noer Isrodin Muchlisin, Kepala Kantor SAR Mataram. Selanjutnya Lalu Wahyu Efendi dan Dokter dari Medical Center.

IKLAN

Kabasarnas mengatakan, untuk event MotoGP kali ini, pihaknya menyiagakan helikopter lengkap dengan peralatan medis. Hal tersebut berdasarkan evaluasi pelaksanaaan pengamanan tahun-tahun sebelumnya dan hasil koordinasi dengan Dorna.

“Karena itu yang dibutuhkan saat evakuasi,” kata Kusworo, saat pengecekan helikopter HR-3606, Sabtu, 29 September 2024.

Adapun peralatan medis yang terinstal dalam alat evakuasi udara tersebut, yaitu tandu dengan kelengkapannya, monitor jantung, ventilator, dan oksigen.

Helikopter ini akan pihaknya dalam kondisi darurat dan membutuhkan penanganan cepat bagi pembalap yang mengalami kecelakaan. Tentunya safety tetap menjadi hal yang utama.

“Masalah medis ini kita akan berkoordinasi dengan tim medis yang sudah punya pengalaman, tentunya dalam penanganan ini,” tambahnya.

Selain dua unit helikopter, HR-3606 dan HR-3603, tujuh unit alut laut, 17 unit alut darat, dan 100 personil turut Basarnas segiakan untuk mendukung event MotoGP 2024. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button