Lombok-timur

Jalur Pendakian Rinjani Kembali Dibuka, Registrasi Online Mulai 12 Maret

Mataram (NTB Satu) – Pengumuman pembukaan jalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) resmi dibuka, Kamis, 10 Maret 2022.  

Pembukaan oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah sekaligus menandai rangkaian acara Rinjani Begawe Festival 2022 di Senaru, Lombok Utara.

“Dengan ini saya nyatakan aktivitas pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani resmi dibuka,” tutur Wagub NTB.

Lebih lanjut, Hj. Rohmi menyampaikan, para pendakian dapat mengakses tiket secara  online. Registrasi secara daring itu melalui aplikasi eRinjani.

Booking tiket tersebut dapat dilakukan pada tanggal 12 Maret 2022 mendatang. “Dengar ya, calon pendaki bisa registrasi online pakai eRinjani sejak 12 Maret,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk pendakian dapat dilakukan terhitung tanggal 16 Maret 2022 mendatang. “Untuk pendakiannya tanggal 16 Maret nanti,” katanya disambut riuh tepuk tangan peserta yang hadir.

Ditambahkan Rohmi, pemerintah daerah akan menyiapkan sistem pendakian yang berkelas dunia, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam Rinjani dengan aman dan nyaman.

“Jadi kita siapkan betul sistem pendakian berkelas dunia. Dari sisi prokesnya, keamanannya, dan sampahnya. Jadi harus kita pastikan sistemnya jauh lebih baik,” tutupnya.

Diberitakan sebelumbya, jalur wiasata minat khusus pendakian Gunung Rinjani ditutup sejak tanggal 1 Januari 2022 sampai dengan akhir Maret 2022.

Penutupan jalur pendakian di gunung setinggi 3.726 Mdpl itu  untuk pemulihan hutan dan jalur wisata,  memperbaiki jalur wisata pendakian, dan pertimbangan data BMKG yang menunjukkan cuaca buruk. (DAA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button