Politik

Pengamat Politik Dukung Pelibatan Pemuda pada Pemilu 2024, dengan Syarat Sesuai Regulasi

Mataram (NTB Satu) – Pengamat politik mendukung langkah Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima yang akan melibatkan seluruh elemen pemuda dalam Pemilu 2024. Namun, harus sesuai dengan batasan hukum atau regulasi.

Pengamat politik dari UIN Mataram, Dr. Ihsan Hamid mengatakan, ia mendukung upaya Bawaslu untuk mengajak elemen pemuda sebagai bagian dari bentuk kolaborasi. Ajakan itu merupakan hal yang bagus dan sangat menarik.

“Memang harus begitu, bahkan kalau bisa bukan hanya ke pemuda saja, melainkan mengajak ke kelompok masyarakat adat, agama, dan masyarakat yang memiliki atensi dengan pemilu,” ujarnya, Jumat, 11 Agustus 2023.

Baca Juga:

Menurut Ihsan, keterlibatan masyarakat tersebut merupakan hal penting yang perlu dikembangkan. Namun, semuanya harus berdasarkan hukum atau regulasi, agar tidak dianggap menjadi bagian dari pelibatan terlalu jauh atau keluar dari tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi).

“Artinya ketika masyarakat khususnya pemuda, yang diajak untuk mensukseskan pemilu harus memiliki batasan seperti, apakah mereka hanya mengawasi kampanye, pencoblosan, atau hanya menjadi bagian dari perhitungan hasil, dan hal tersebut harus jelas tupoksinya,” jelasnya.

Menurut Ihsan, Bawaslu memiliki peluang besar untuk bersinergi dengan pemuda. Namun harus tetap diawasi agar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

IKLAN
1 2Laman berikutnya
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button