Daerah NTB

Kamp Pengungsi Banjir Lombok Barat Dekat Bukit, Risma : Pindahkan !

Lombok Barat (NTB Satu) – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharani turun meninjau lokasi banjir di Di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat Jum’at 10 Desember 2021.

Didampingi Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah, Mensos meninjau lokasi yang akan dibangunkan tenda tambahan bagi para pengungsi. Posisinya tidak jauh dari tenda yang lain.

IKLAN

Setelah berjalan kaki sekitar puluhan meter mengamati area sekitarnya, Risma agak khawatir jika tenda dibangun di tanah lapang tersebut, sebab tempatnya masih berdekatan dengan perbukitan.

Ia pun berbincang singkat dengan Wagub, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, Kapolda NTB Irjen Pol, M Iqbal dan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Mantan Walikota Surabaya ini meminta agar lokasi baru itu dipindahkan karena tidak aman untuk mendirikan tenda.

“Aduh kalau di sini tidak aman, masih dekat perbukitan. Takutnya longsor datang lagi. Kita coba cari tempat lain. Pindahkan,” tegas Risma.

IKLAN

Akhirnya, Mensos dan rombongan sepakat untuk pergi ke salah satu area lapang atau yang jaraknya hampir 1 kilometer dari pemukiman warga.

Setelah sampai di lokasi dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer, Mensos melihat di lapangan tersebut lebih aman untuk jadi tempat pengungsian warga.

“Dari hasil evaluasi kita, zona pemukiman dan pengungsian yang ada saat ini masih belum aman. Makanya kita cari tempat yang lebih aman. Insya Allah di sini lebih aman,” tandas Risma.

“Meski jaraknya agak jauh dari pemukiman masyarakat, tapi di sini lebih baik. Sedangkan, pengungsian yang ada saat ini belum aman. Artinya, minimal saat ini mereka bisa aman kalau datang hujan,” terangnya menambahkan.

Lebih lanjut, Mensos dan pihaknya berencana akan mendatangkan tenda berstandar PBB yang membuat pengungsi jauh lebih nyaman di tenda tersebut.

Sementara untuk fasiltitas MCK, Risma memastikan akan membawa MCK portable ke lokasi pengungsian.

“Nanti kami akan datangkan tenda berstandar PBB. Karena tenda itu standar pengungsian. Tenda yang akan didatangkan bisa nyaman, ada jendelanya dan kenyamanan lain. MCK portable juga akan ke sini,” katanya. (DAA)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button