Daerah NTB

Akibat El Nino, Sejumlah Wilayah Indonesia akan Dilanda Kemarau Parah Termasuk NTB

Mataram (NTB Satu) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi El Nino sudah di depan mata. Hal itu karena melihat iklim di wilayah Jawa, Bali, NTB dan Sulawesi Selatan memasuki curah hujan di bawah normal.

El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

Kepala Center for Climate Risk and Opportunity Management di Asia Tenggara dan Pasifik IPB University, Prof Rizal Boer memberi bocoran. Ia memprediksi El Nino dengan peluang di atas 50 persen akan terjadi di Indonesia setelah bulan Juni 2023.

Sehingga seluruh pemerintah daerah diminta bersiap menghadapi kemarau panjang yang berpotensi menyebabkan kekeringan parah.

Pengalaman di 2015, El Nino menyebabkan dampak kekeringan yang luas, juga kebakaran hutan dan lahan yang mengancam produksi pangan.

Daerah Terdampak

BMKG memprediksi sebanyak 32 dari total 34 provinsi akan mengalami musim kering pada Agustus 2023, termasuk NTB.

Tercatat hanya Riau dan Papua Barat saja yang berpotensi aman dari kekeringan parah karena punya intensitas hujan di atas 100 mm per bulan. (RZK)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button