MXGP

Kebutuhan Internet di Area MXGP Samota Dipastikan Tercukupi

Mataram (NTB Satu) – Jelang Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 2022, delapan unit Base Transceiver Station (BTS) telah terpasang di area Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa. Delapan unit BTS tersebut dinilai mampu menunjang seluruh kebutuhan internet selama perhelatan MXGP.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si., mengatakan, sangat kecil kemungkinan tidak tersedianya layanan internet di luar area lintasan seperti saat gelaran MotoGP lalu. Namun, bila pihak MXGP membutuhkan layanan jaringan internet yang besar, Diskominfotik bakal mengalihkan seluruh jaringan internet untuk kebutuhan balapan.

“Layanan jaringan internet di Samota memang agak kurang bagus. Atas dasar itu, tiga provider bakal membantu dalam penyediaan layanan jaringan internet yang mumpuni,” ungkap Nelly, ditemui NTB Satu di Kantor Diskominfotik NTB, Senin, 20 Juni 2022.

Saat ini, terdapat tiga provider yang bakal membantu kebutuhan jaringan internet selama MXGP. Tiga provider tersebut ialah Telkom, XL, dan Indosat.

“Semua sudah terpasang. Telkom memasang lima unit BTS, sementara XL memasang dua unit BTS, dan Indosat memasang satu unit BTS,” terang Nelly.

Selain tiga provider tersebut, Diskominfotik NTB belum mengetahui adanya kerja sama dengan provider lain. Namun, tiga provider tersebut dinilai cukup menunjang kebutuhan internet selama perhelatan MXGP.

“Lima unit BTS terletak di dalam area lintasan. Sedangkan, tiga unit lainnya terletak di luar area lintasan,” ujar Nelly.

(BTS) adalah suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

Dengan digelar MXGP di Rocket Motor Circuit Samota, Sumbawa, banyak pihak menawarkan kerja sama dengan NTB. Tawaran kerja sama itu sebagai efek dari banyaknya penyelenggaraan perhelatan internasional di NTB.

“MXGP bukan hanya sekadar balapan. Gelaran internasional tersebut merupakan ajang untuk mempromosikan pariwisata, perdagangan, dan masih banyak lagi,” pungkas Nelly. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button