MXGP

Seminggu Jelang MXGP Samota, Berikut Serba-serbi Balapannya yang Jarang Diketahui

Mataram (NTB Satu) – Bagi para pecinta motocross, ajang Motocross Grand Prix (MXGP) tentu merupakan hal yang tidak asing. Ajang MXGP yang seminggu lagi terhelat di Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa menyimpan sejumlah hal unik dan jarang diketahui masyarakat.

Berikut ini adalah hal-hal unik dan jarang diketahui perihal ajang MXGP:

  1. Asal Usul Motocross

Balap Motocross pertama kali terhelat pada awal abad 20. Namun, istilah Motocross sudah mulai banyak digunakan pada 1950. “Moto” memiliki arti motor. Sedangkan, “Cross” memiliki arti lintas. Balapan Motocross dilakukan di lintas negara (Crosscountry).

  1. Kondisi Fisik Atlet Harus Optimal

Balap MXGP biasanya menghabiskan waktu selama 30 menit. Namun, durasi tersebut sudah cukup membuat para pembalap menguras tenaga. Oleh karena itu, dibutuhkan kondisi fisik dan kebugaran yang prima.

Diketahui, pembalap mengenakan hampir seluruh otot di tubuh untuk menjaga keseimbangan dan mengontrol motor mereka agar tetap stabil di atas motor.

Selain itu, pada balapan Motocross, detak jantung pembalap bakal berada di angka 179 hingga 180BPM, atau sekitar 92 persen dari detak jantung maksimum milik manusia.

  1. Balap Perempuan dan Laki-laki Berbeda

Balapan untuk perempuan biasanya menggunakan motor 125cc hingga 250cc. Sebab, kondisi fisik perempuan dinilai terlalu kecil untuk motor kelas 250cc. Perbedaan tersebut menjadi jelas.

Liga Motocross untuk perempuan dipisahkan dengan liga laki-laki dikarenakan adanya perbedaan peraturan dan jenis motor.

  1. Motor Trail Motocross Ilegal Digunakan di Jalan Raya

Terdapat beberapa motor yang didesain khusus untuk penggunaan di jalan raya dan dijual secara komersil. Namun, jenis motor-motor tersebut berbeda dengan yang digunakan di jalan raya.

  1. Berat Motor Trail Capai Angka 90kg

Motor dengan mesin empat langkah cenderung lebih mudah untuk dikendalikan, lebih besar, dan kompleks dibandingkan motor dengan mesin dua langkah yang ringat, cepat, namun lebih sulit untuk dikendalikan.

Motor dengan mesin empat langkah didesain untuk mempermudah pembalap mengontrol motornya, sehingga dapat berfokus untuk memenangkan balapan.

Demikianlah serba-serbi motor yang melintas di tanah. Beberapa hal di atas, menarik untuk diketahui dan diingat sebelum menyaksikan gelaran MXGP di Rocket Motor Circuit Samota pada 24, 25, dan 26 Juni 2022 mendatang. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button