BREAKING NEWSLombok Timur

Kandang Ayam Broiler di Suralaga Terbakar, Rugi Ratusan Juta

Lombok Timur (NTBSatu) – Sebuah kandang ayam broiler milik Sukri (46) yang terletak di Dusun Gegurun, Desa Tumbuh Mulia, Kecamatan Suralaga terbakar pada Rabu, 2 Oktober 2024 pukul 22.00 Wita. 

Saat kebakaran terjadi, kandang tersebut sudah terisi sekitar 10.000 ekor ayam broiler usia sepuluh hari. 

Kebakaran berawal saat terjadi penurunan tegangan listrik di kandang tersebut. Saksi-saksi yang tinggal di kandang pun bermaksud mengecek keadaan kandang. 

IKLAN

“Kemudian saksi melihat pada kipas blower yang berada di bagian ujung mengeluarkan percikan api,” kata Kasi Humas Polres Lombok Timur, Iptu Nikolas Oesman, Kamis, 3 Oktober 2024. 

Tak berselang lama, percikan api itu menyambar gas LPG yang menjadi bahan bakar pemanas suhu kandang. Begitupun bambu serta terpal yg menjadi dinding kandang, sehingga api menjalar cepat dan membakar seluruh kandang. 

“Di dalam kandang ada sekitar 10 tabung gas yang jadi bahan bakar pemanas, sementara saat itu api terus membesar. Para saksi kemudian memilih lari ke luar areal kandang menyelamatkan diri,” ucap Oesman

Beberapa menit kemudian, petugas damkar tiba di TKP dan langsung berupaya memadamkan api. 

“Api yang membakar kandang kemudian berhasil padam sekitar pukul 23.00 Wita,” ujar Oesman. 

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Kandang tersebut berukuran 6×60 meter dengan isi 10.000 ekor ayam. Kerugian yang timbul pun sekitar Rp300 juta. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat menjadi penyebab kebakaran, mengingat saat ini musim kemarau,” tutup Oesman. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button