Daerah NTBHEADLINE NEWS

NTB Akhiri PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan 16 Medali Emas

Mataram (NTBSatu) – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara (Sumut) 2024 berakhir. Penutupannya akan berlangsung malam nanti, Jumat, 20 September 2024.

Sebanyak 33 cabang olahraga atau cabor telah selesai diselenggarakan. Dari pertandingan tersebut, NTB berhasil membawa pulang 53 medali. Rinciannya, 16 emas, 17 Perak, dan 20 perunggu.

Kontingen NTB berhasil menambah koleksi emas terkahirnya lewat cabor Kempo. Pada pertandingan yang berlangsung pagi tadi, NTB berhasil meraih dua medali emas dari tiga nomor yang diikuti. Satu nomor mendapat medali perak.

Raihan medali Provinis NTB di PON Aceh-Sumut ini meningkat dibandingkan PON Papua 2021 lalu. Di mana NTB memperoleh 15 emas.

Meski demikian, dengan raihan medali tersebut NTB belum mampu mencapai target. Karena sebelumnya KONI NTB menargetkan 20 emas pada PON Aceh-Sumut 2024 ini.

Sebelumnya, Ketua KONI NTB, Mori Hanafi sempat optimis terhadap target tersebut. Pasalnya, jumlah atlet yang NTB kirim tahun 2024 meningkat hampir dua kali lipat daripada pelaksanaan PON sebelumnya.

“Untuk pertama kalinya NTB memberangkatkan kontingen yang begitu besar. Tahun 2021 lalu, kita hanya berangkatkan 279 kontingen. Ini besarnya lebih dari dua kali lipat, cabor yang lolos hanya 19. Sedangkan 2024 sebanyak 44 cabor yang lolos,” kata Mori beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, total kontingen keseluruhan Provinsi NTB adalah 522 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari tim konservasi, tim khusus untuk upacara penutupan, atlet, pelatih dari 44 cabor, serta official tim.

“Jumlah atlet final adalah 251 orang dengan jumlah pelatih sebanyak 84 orang dari 44 cabor. Total official 187 orang terdiri dari manajer, kesehatan, keamanan, juga dari unsur lain yang kami anggap perlu untuk mesupport tim kontingen Provinsi NTB,” jelas Mori.

Berikut Daftar Perolehan Medali Provinsi NTB di PON XXI Aceh – Sumut 2024:

Medali Emas

Raihan medali emas sebanyak 16, berasal dari cabor Muytahi dengan atlet Fery Irawan pada kategori U-23 kelas 45 kilogram; cabor dance sport kelas pres amteur latin dengan atlet Rizqi Nur Siam/Syanas Jasmine De Carvalho.

Kemudian, cabor atletik pada nomor 200 meter dan lompat jauh dengan atlet Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman. Lalu, cabor menembak nomor 25 meter pistol tim dengan atlet Susana Liem Mau, Dewa Ayu Alice Denita, Yuni Caturwati.

Selanjutnya, Lalu Muhammad Zohri kembali menyumbangkan medali pada cabor atletik nomor 100 meter pada PON XXI Aceh, menyusul Ahmad Zigi Zaresta Yudha di cabor karate nomor kata perorangan indvisu.

Setelahnya, cabor atletik pada nomor lompat jangkit dengan atlet Sapwaturrahman. Kemudian, atlet Ade Dimas Septiano dan Sofyan Efendi Rachma di cabor voli pasir putra. Lalu, Rini Kurniati menyumbang emas pada cabor kempo kelas 55-60 kilogram; Huswatun Hasanah di cabor tinju kelas 60-63 kilogram.

Selanjutnya, pada cabor tarung derajat, atlet Dedi Iswari di kelas 70,1-75 kilogram; dan pasangan IMade Agus Mei Saputra dan Arkan Fawwaz di nomor Seni Getar Berpasangan Putra .

Terakhir, cabor kempo dengan atlet Rizkiawan Dwi Santriaji & Idham Kholid pada nomor Embu Berpasangan Kyu Kenshi. Kemudian, Dua medali emas terakhir disumbangkan cabor kempo melalui Sofian Anas berpasangan Rizkiawan Dwi Santriaji dan Chairunnisa Rizki Dwiranti.

Medali Perak

Sementara raihan medai perak pada PON XXI Aech, dari cabor muaythai dengan atlet Gunawan dan Ardiansyah; cabor biliar kelas 15 Ball Double dengan atlet I Made Alvien/Made Bayu.

Kemudian, cabor atletik nomor lombok jauh dengan atlet Rohani. Cabor dance sport kategori FFA Samba dengan pasangan atlet I Wayan Adi Purana Sanjaya/Ni Nyoman Ivana Maharani.

Lalu, cabor pencak silat turut menyumbang medali di kelas H dengan talet M. Padil Anwar; cabor atletik nomor tolak peluru, I Dewe Ayu Ita Aryanti.

Selanjutnya, cabor soft tennis nomor ganda campuran dengan atlet Anis Ananta dan Febyaro Ribbi Santara. Menyusul cabor menembak nomor Trap Men Team, dengan atlet Bagus Sholeh, Mariandi, Alfonsus Ra Petsina.

Kemudian, cabor menembah nomor trap men individu dengan atlet Bagus Sholeh Aristyawan. Lalu, cabor atletik nomor 4×100 meter dengan atlet Lalu Muhammad Zohri, Sudirman Hadi, Mirawan, Ilham Nurkholis.

Setelahnya, pada cabor bermotor kategori modifikasi perorangan dengan atlet Aldiaz Aqsal Ismaya. Cabor bermotor kategori modifikasi beregu, dengan atlet Aldiaz Aqsal dan Nyoman Rajendra.

Lalu, cabor menembak nomor Double Trap Men dengan atlet Bagus Sholeh ; cabor tarung derajat kelas 61,1-64 kilogram dengan atlet Munawir. Kemudian, cabor tinju kelas 45-48 kilogram dengan atlet Endang. Terkahir, cabor kempor atas nama Kurniawan.

Medali Perunggu

Sementara pada medali perunggu, NTB berhasil meraih sebanyak 12 medali. Dengan rincian, cabor muaytahi Kategori U-23 Kelas 43 kilogram; cabor Kabaddi Kategori National Style; cabor hapkido Kelas Seni Nak Bop High Jump.

Kemudian, cabor pencak silat Kelas A; cabor billiar Kelas 10 Ball Double, cabor dance sport kategori Rising Star Latin; cabor Kabaddi Kategori 7 for 5. Lalu, cabor taekwondo kelas +73 kilogram; cabor atletik nomor 100 meter dan 3.000 SC.

Selanjutnya, cabor gulat Kelas 53 kilogram; cabor voli pasir putri; cabor kickboxing Kelas -48 Kilogram, -56 Kilogram, dan -57 Kilogram. Kemudian, cabor tinju Kelas 67-71 kilogram; cabor atletik nomor 4×400 meter putri; cabor kempo kelas 60-65 kilogram. Serta, cabor kempu nomor Embu Berpasangan Yudansha I Dan; dan cabor tarung derajat kelas 64,1-67 kilogram. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button