ADVERTORIALPendidikan

1.773 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Ummat 2024, Awal Perjalanan Menuju Prestasi

Mataram (NTBSatu)Universitas Muhammadiyah Mataram atau Ummat menyambut kedatangan 1.773 mahasiswa baru, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung penuh semangat dan kegembiraan, pada Selasa, 17 Spetember 2024.

Ketua Panitia, Drs. Amil, MM., melaporkan kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan akademik dan organisasi kampus kepada para mahasiswa baru.

“PKKMB tahun ini mengangkat tema Membangun Nalar Inovatif Mahasiswa Ummat yang Unggul, Islami, dan Berdaya Saing. Yang kami harap mampu memotivasi mahasiswa untuk terus berkembang dan bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional,” ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan PKKMB, 1.773 mahasiswa baru akan mendapatkan materi di dalam kelas dan lapangan dengan narasumber dari Kesbangpol dan Kapolda.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama seminggu penuh. Mulai tanggal 17 hingga 22 September. Tanggal 17 dan 18 diisi dengan kegiatan Masa Ta’aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (MASTA IMM). Tanggal 19 hingga 21 merupakan Pekan Ta’aruf Universitas, dan pada tanggal 21 hingga 22 berlangsung Pekan Ta’aruf Fakultas,” jelasnya.

PKKMB Ummat 2024
Mahasiswa baru Ummat yang mengikuti PKKMB 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Tak hanya memperkenalkan lingkungan akademik, Ummat juga akan mendapat kunjungan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) yang mengirimkan empat delegasi untuk memantau jalannya kegiatan ini.

Ketua Koordinator Komisariat (Koorkom) IMM Ummat, Immaawan Irwansyah juga turut menyampaikan penjelasan mengenai MASTA dan IMM di hadapan para mahasiswa baru.

Ia menyampaikan, pentingnya peran IMM dalam mengembangkan potensi mahasiswa tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga spiritual dan sosial.

“MASTA adalah gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal IMM. Kami berharap mereka dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan IMM, yang berfokus pada pengembangan intelektual dan spiritual,” katanya.

Ia juga menggugah semangat para mahasiswa untuk berperan aktif di tengah masyarakat. Serta, berkontribusi dalam setiap bidang kehidupan.

Dorong Mahasiswa Baru Berkontribusi bagi Masyarakat

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, MA., mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh universitas. Ummat berada di posisi 10 besar perguruan tinggi terbaik di wilayah Bali Nusra dan menduduki peringkat pertama untuk Perguruan Tinggi Swasta di NTB.

“Ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Ummat. Agar mampu mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing,” ujarnya.

Tidak hanya mahasiswa dalam negeri, Ummat tahun ini juga kedatangan dua mahasiswa asing yang berasal dari luar negeri. Keduanya akan mengambil program studi di Ekonomi Syariah dan Administrasi Bisnis.

Selain itu, salah satu mahasiswa Ummat terpilih untuk mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan akan melanjutkan studi di Italia.

“Program KKN Internasional di Malaysia juga sudah sering kita laksanakan, dan terus menjadi bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa kami,” tambah Rektor.

PKKMB Ummat 2024
Rektor Ummat, Abdul Wahab memberikan sambutan saat pembukaan PKKMB Ummat 2024, Selasa, 17 September 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Dalam pesannya kepada mahasiswa baru, Rektor juga mendorong memanfaatkan waktu di bangku perkuliahan dengan baik dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Belajarlah dengan penuh semangat, rajin, dan sungguh-sungguh. Jadikan masa studi ini sebagai bekal untuk masa depan yang cemerlang. Kami ingin mahasiswa Ummat menjadi pribadi yang unggul, baik di tingkat akademis maupun sosial,” ujarnya dengan penuh semangat.

Setelah rangkaian acara pembukaan, mahasiswa baru diarahkan menuju ruangan kafilah masing-masing untuk melanjutkan kegiatan dengan menerima materi-materi pendukung.

Kegiatan PKKMB ini harapannya mampu menjadi langkah awal yang kuat bagi mahasiswa baru, untuk mengenal lebih dalam tentang Ummat. Serta, nilai-nilai keislaman dan semangat inovasi yang kampus ke depankan.

Dengan semangat kebersamaan dan antusiasme yang tinggi, PKKMB 2024 ini harapannya menjadi ajang yang tak terlupakan bagi para mahasiswa baru dalam memulai perjalanan akademis mereka di Ummat. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button