ADVERTORIALPendidikan

PPK Ormawa Himasti Fatek Ummat Sukses Laksanakan Program Pengembangan Sumber Daya Desa Maritim Berbasis Digital

Mataram (NTBSatu) – Himpunan Mahasiwa Sistem dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Mataram atau Himasti Fatek Ummat menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan tersebut bertemakan “Pengembangan Sumber Daya Desa Maritim Berbasis Digital”, di Desa Segara Katon, Lombok Utara.

Kegaiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat nelayan dalam mengoptimalkan hasil tangkapan ikan melalui pendekatan digital. Serta, meningkatkan pemahaman tentang pemasaran produk maritim secara online.

Ketua PPK Ormawa, Husnin Mubaraqah menjelaskan, dalam kehidupan masyarakat nelayan pemberdayaan sangat penting, agar mereka dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan hasil penangkapan ikan.

“Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat nelayan harus mampu beradaptasi dengan cara memahami pengelolaan hasil tangkapan ikan secara digital. Salah satu langkah alternatif adalah memproduksi barang dari bahan dasar ikan yang kemudian dipasarkan secara digital,” ujarnya

Selain itu, pemanfaatan potensi maritim seperti wisata bahari dan pengelolaan kelompok ibu-ibu juga menjadi faktor penting.

“Agar masyarakat dapat mandiri dalam pengelolaan sumber daya,” tambah Husnin.

Kegiatan pengabdian ini mencakup berbagai program, di antaranya pembentukan kelompok sadar wisata yang melibatkan pemberdayaan kelompok pemuda. Kemudian, pengelolaan produk berbahan dasar ikan tongkol oleh kelompok perempuan, pengembangan budidaya terumbu karang. Serta, pemasaran digital hasil olahan menggunakan platform seperti website, Instagram, Facebook, dan TikTok.

Dengan adanya program ini, harapannya ekonomi masyarakat Desa Segara Katon, khususnya keluarga nelayan dapat meningkat. Khususnya, melalui pengolahan hasil penangkapan ikan menjadi produk yang siap dipasarkan secara luas.

Meningkatkan Pengetahuan dan Pendapatan

Dosen Pembimbing Lapangan, Muhamad Imam Dinata, S.T., M.Kom., berharap agar program ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengelola hasil tangkapan. Serta, meningkatkan pendapatan kelompok nelayan.

“Semoga dengan program-program dari adik-adik PPK Ormawa ini, pengetahuan dan pendapatan masyarakat nelayan bisa terus berkembang,” ungkapnya.

Sekretaris Desa Segara Katon, Ihsan Albayani turut mengapresiasi inisiatif dari Himasti Fatek Ummat dalam menyelenggarakan program ini. Menurutnya, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Wakil Rektor III Ummat, Dr. Erwin, M.Pd., berharap kegiatan ini membawa dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Ummat berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan berkontribusi dalam mendukung program-program seperti ini yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Dr. Erwin.

Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini tidak hanya meningkatkan keterampilan masyarakat nelayan dalam memanfaatkan teknologi digital. Tetapi, turut memperkuat potensi ekonomi lokal melalui pemanfaatan sumber daya maritim yang berkelanjutan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button