Lombok Timur

Pemkab Lombok Timur Tunggu Anggaran dari Pusat untuk Program Makan Siang Gratis

Lombok Timur (NTBSatu)Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur menyatakan siap mendukung program pasangan Presiden-Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka, yaitu makan siang gratis untuk pelajar.

Namun Pemkab Lombok Timur mengaku belum bisa menjalankan program tersebut karena masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan kebijakan lainnya dari pemerintah pusat.

“Belum kita lakukan. Kita masih menunggu juklak dan juknisnya dari pemerintah pusat,” kata Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, M Juaini Taofik, Kamis, 29 Agustus 2024.

Sembari menunggu arahan pemerintah pusat, pihaknys sudah melakukan berbagai persiapan di lapangan untuk memaksimalkan program tersebut.

Di antaranya merencanakan pembangunan dapur sehat di berbagai lokasi strategis. Bahkan, telah menyiapkan satu kecamatan sebagai pilot project, yaitu Kecamatan Labuhan Haji.

“Untuk pembangunan dapur sehat ini, kita dapat fasilitas kerja sama dengan TNI. Tujuannya untuk memastikan, setiap kecamatan memiliki fasilitas memadai untuk menyediakan makanan bergizi bagi para siswa,” ucap Taofik

Taofik menjelaskan, Pemkab Lombok Timur akan bertanggung jawab untuk menyediakan lokasi, sarana dan prasarana, serta penentuan sasaran penerima manfaat.

Pihaknya masih menunggu anggaran dari pemerintah pusat untuk menjalankan program tersebut.

Pemerintah sendiri mencanangkan program makan bergizi gratis tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan nutrisi yang cukup bagi para siswa. Pemkab Lombok Timur berkomitmen untuk menjalankan program tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sementara, Pj Sekretaris Daerah Lombok Timur, Hasni mengatakan, untuk menjalankan program tersebut, Pemkab Lombok Timur telah mensurvei lokasi-lokasi yang akan menjadi titik dapur atau tempat pengambilan makanan di sejumlah kecamatan sesuai saran dari TNI.

“Kita sudah siapkan satu lokasi dulu sebagai percontohan. Rencananya nanti setiap kecamatan memiliki satu dapur atau tempat pengambilan makanan,” ujar Hasni. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button