Lombok Timur

Sempat Dilarang Ibunya Jadi Atlet, Gadis Asal Lotim Juarai Karate Nasional

Mataram (NTBSatu) – Atlet Karate, Aura Bunga Titania tengah menjadi perbincangan warga Kabupaten Lombok Timur (Lotim) setelah berhasil mengharumkan nama Provinsi NTB di kancah nasional.

Siswa kelas IX MTsN 1 Lombok Timur itu, berhasil meraih juara O2SN 2024 cabang olahraga karate di Jakarta.

Dalam lomba yang diselenggara pada 19-25 Agustus 2024 itu, Bunga berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk kontingen NTB.

Orang tua Bunga, Nila Heriyanti membeberkan, anak perempuannya itu mulai tertarik dengan karate sejak duduk di kelas tiga Sekolah Dasar (SD).

“Pertama kali dia tertarik ikut latihan karena melihat anak-anak yang pulang latihan karate saat dia pulang mengaji. Saat itu dia langsung bilang ke saya, kalau dia mau ikut latihan,” kata Nila.

Namun, sebelum menyabet sederet prestasi seperti saat ini, Nila mengaku sempat melarang Bunga menjadi atlet karate.

Hal itu karena melihat kepribadian anaknya yang pendiam dan takut fisik anaknya tak tahan mengemban proses latihan yang berat.

“Namun karena beberapa kali izin, akhirnya kami mengizinkan Bunga ikut latihan,” ucap Nila.

Setelah mengikuti pelatihan selama enam bulan, Bunga akhirnya terpilih mengikuti kejuaraan karate tingkat nasional di Surabaya. Dan saat itu ia berhasil meraih juara I. Capaian itu menjadi titik balik keraguan orang tua Bunga.

“Sejak itu kami langsung memberikan dukungan penuh kepada Bunga. Dia semakin semangat latihan. Dan sejak itu juga ia rutin mengikuti berbagai kejuaraan, baik tingkat kabupaten maupun nasional,” jelasnya.

Sempat Meragukan Kemampuannya

Nila mengaku tidak pernah menyangka prestasi putrinya sampai sejauh ini. Di mana ia sempat meragukan kemampuan Bunga yang tergolong tidak terlalu sangar saat latihan.

Namun, ungkap Nila, semua itu berbanding terbalik saat perlombaan. Bunga justru tidak pernah takut menghadapi musuh-musuhnya, meski kadang lebih besar darinya.

“Saya juga kaget pas lihat dia lomba. Ternyata dia lebih sangar dari yang kami lihat saat latihan sehari-hari,” ungkap Nila.

Sementara, Kepala MTsN 1 Lotim, Lalu Sundana, juga mengakui Bunga merupakan salah satu dari puluhan siswa berprestasi di sekolah tersebut. Setiap mengikuti lomba, baik tingkat daerah hingga nasional selalu mendapatkan juara.

“Dia aktif di ekstrakurikuler karate. Di MTsN 1 Lombok Timur ini ada 20 ekstrakurikuler, alhamdulillah masing-masing ekstrakurikuler itu rata-rata berhasil menghasilkan siswa berprestasi,” ucap Sundana. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button