Politik

Tiga Paslon Gubernur NTB Siap Mendaftar ke KPU, Gita Ariadi Belum Ada Kabar

Mataram (NTBSatu) – Tiga Pasangan Calon atau Paslon Gubernur NTB dan Wakil Gubernur NTB dikabarkan telah siap mendaftar ke KPU tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024. Mulai dari Zulkieflimansyah-Suhaili FT, Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin, dan Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri.

Anggota KPU NTB Divisi Sosalisasi dan Parmas, Agus Hilman menyampaikan, secara resmi baru dua Paslon yang menyampikan pemberitahuan waktu pendaftarannya. Yakni, pasangan Zulkieflimansyah-Suhaili FT dan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin

“Dua paslon itu sudah menyampaikan surat pemberitahuan. Sementaran Iqbal-Dinda secara resmi belum,“ kata Hilman, Senin, 26 Agustus 2024.

Adapun dua Paslon Gubernur NTB dan Wakil Gubernur NTB itu, kata Hilman, akan mendaftar pada hari yang sama, yakni Rabu, 28 Agustus 2024.

Pasangan pertama, Zul-Uhel bakal mendaftar mulai pukul 13.30 Wita. Kemudian, duet Rohmi-Firin akan mendaftar mulai pukul 14.30 Wita.

“Untuk persiapan pendaftaran kita sudah siap untuk melayani bakal calon gubernur dan wakil gubernur,” ujar Hilman.

Di sisi lain, pasangan Lalu Gita Ariadi dan Sukiman Azmy atau Gasman, hingga kini belum ada kabar. Pasangan ini sama sekali belum ada parpol yang mengusungnya maju di Pemilihan Gubernur NTB 2024.

Dalam hal ini, KPU NTB berkomitmen untuk melayani pendaftaran dan memberikan perlakuan yang sama kepada setiap paslon secara adil dan merata dalam seluruh tahapan termasuk pencalonan.

KPU NTB juga membatasi jumlah massa yang bisa mendampingi paslon saat mendaftar. Maksimal sekitar 200 orang setiap paslon.

“Berkaitan dengan batasan masa karena tempat kita terbatas, kita tidak bisa mengakomodir seluruh masa. Kita batasi 200 untuk setiap bakal pasangan calon,” jelas Hilman.

Iqbal-Dinda Daftar Hari Terakhir

Indah Dhamayanti Putri atau Umi Dinda menyebutkan, pasangan Iqbal-Dinda sudah merampungkan partai koalisi. Sekarang, tinggal mendaftar ke KPU sebagai pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Rencananya, pasangan asal Lombok Tengah dan Bima ini akan mendaftar ke KPU di hari terakhir, yakni pada Kamis, 29 Agustus 2024.

“Kami akan mendaftar hari Kamis, karena banyak ketua parpol dari partai pendukung saya dan Pak Iqbal yang maju. Makanya kami berikan kesempatan kepada mereka dulu,” kata Umi Dinda.

Umi Dinda mengaku, tidak ada alasan spesifik kenapa memilih waktu pendaftaran di hari terakhir. Sederhananya, hanya ingin memastikan semua persyaratan pencalonan terpenuhi.

“Tidak ada alasan spesifik, cuman kita ingin mau memastikan semua persyaratan pencalonan terpenuhi,” ujarnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button