Pendidikan

SMKN 5 Mataram Gandeng Samurai Paint Gelar Workshop Road to Samuraian Festival

Mataram (NTBSatu) – SMKN 5 Mataram menggelar kegiatan “Workshop Road to Samuraian Festival for Student”, mulai tanggal 12 sampai 14 Agustus 2024. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan CV. Karya Kencana yang merupakan Kantor Cabang Samurai Paint Kurobushi di NTB.

Kegiatan ini diikuti oleh 12 SMK se-NTB, seperti SMKN 1 Gunungsari, SMKN 1 Plampang, SMKN 1 Kopang, SMKN 1 Sekotong. Kemudian, SMKN 2 Gerung, SMKN 2 Lingsar, SMKN 6 Mataram, SMKN 5 Mataram, SMKN 1 Taliwang, SMKN 3 Mataram. Serta, SMKN 1 Sanggar dan SMKN 1 Selong.

Wakil Kepala SMKN 5 Mataram Bidang Humas, Lalu Darmawan menjelaskan, pihaknya baru pertama kali menggelar workshop ini sejak berlangsung tahun 2019.

“Ini pertama kalinya di SMKN 5 Mataram, karena kami sekolah yang paling siap untuk menyelenggarakannya tahun ini,” jelasnya kepada NTBSatu, Rabu, 14 Agustus 2024.

Kegiatan workshop ini pun bertujuan sebagai wadah praktik siswa, sekaligus melatih kreativitas untuk berkreasi dalam mendesain bodi kendaraan.

“Lebih untuk melatih kreativitas dan imajinasi siswa dalam mendesain bodi kendaraan, karena ini hanya workshop, bukan kompetisi. Para siswa yang ikut juga masih mendapat arahan dari gurunya. Sementara, kalau kompetisi aslinya, guru tidak boleh memberikan arahan,” ujar Darmawan.

Meskipun sekadar workshop, pihak dari Samurai Paint tetap memberikan penghargaan kepada sekolah yang memenuhi standar.

“Mulai kerapian mengecatnya, apakah catnya meluber atau bagaimana. Serta, terkait imajianasi desainnya. Hasilnya itu, bakal ada juara satu, dua, dan tiga dari 12 peserta,” tambah Darmawan.

Samuraian Festival 2024

Selain itu, mereka juga akan berkompetisi secara online dengan mempublikasikan gambar dan video hasil pengecatannya ke laman resmi Samurai Paint Kurobushi.

“Hasil tersebut akan ada voting dari tanggal 15 Agustus sampai 15 September. Sekolah yang mendapat vote terbanyak akan menjadi wakil Indonesia bagian Timur untuk ke tingkat nasional,” ujar Darmawan.

Sementara, gelaran tingkat nasional Samuraian Festival 2024 ini rencananya akan berlangsung di Yogyakarta.

“Akan bersamaan pelaksanannya dengan acara custom festival tingkat internasional,” tutur Darmawan. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button