Politik

Miq Azhar: Lalu Iqbal Cagub yang ‘Paut’

Mataram (NTBSatu) – Sesepuh Masyarakat Adat Sasak (MAS), H. Lalu Azhar alias Miq Azhar mendukung pasangan Iqbal-Dinda sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024. Keputusan ini ia sampaikan, lantaran melihat Lalu Muhammad Iqbal sebagai Calon Gubernur NTB yang patut, patuh, patju, dan ‘paut’.

Hal itu terbuktikan dari jejak rekam Lalu Iqbal selama masih menjabat di Kementerian Luar Negeri RI. Selain itu, keputusan untuk dukung Lalu Iqbal lantaran merupakan orang Lombok Tengah.

Miq Azhar menceritakan, cukup banyak orang-orang Lombok Tengah yang bertekad maju sebagai Gubernur NTB. Misalnya, Lalu Srigede.

Hanya saja, Lalu Srigede mungkin belum mampu mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu, Miq Azhar merasa bahwa Lalu Iqbal akan mampu mewujudkan tekad itu, dengan membuat orang Lombok Tengah menduduki kursi kepemimpinan NTB.

“Mari sama-sama berdoa untuk Lalu Iqbal,” ungkap Miq Azhar, ditemui di kediamannya di Kota Mataram, Jumat, 9 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Tokoh Masyarakat Sasak ini menjelaskan bahwa ia telah mengenal ayahanda dari Lalu Iqbal sejak lama. Kemudian, ia dan Lalu Iqbal terikat secara adat.

Alhasil, dirinya memutuskan untuk mendukung dan merestui Iqbal-Dinda maju dalam Pemilihan Gubernur NTB 2024.

Keputusan Representasi Suara MAS

Menurut Miq Azhar, keputusannya untuk mendukung Lalu Iqbal turut merepresentasikan suara Majelis Adat Sasak (MAS). Bahkan, ia menyebutkan, secara keseluruhan, Majelis Adat Sasak telah menyatakan dukungan terhadap Lalu Iqbal. Termasuk, sesepuh masyarakat adat sasak yang lain.

Kepada setiap orang yang meminta restunya, Miq Azhar selalu menyarankan untuk memakai ilmu masyarakat Jawa dalam mendukung paslon politik.

Apabila memperhatikan masyarakat Jawa, mereka selalu mendukung seseorang yang satu rumpun dengan adat istiadat mereka alias bersatu padu untuk menyalurkan dukungan.

“Dengan cara seperti itu, saya yakin paslon yang terusung akan menang,” terang pendiri sejumlah perguruan tinggi ternama di NTB ini.

Akan tetapi, Miq Azhar mengaku tidak hendak membicarakan identitas. Hanya saja, masyarakat Sasak memang memiliki keunggulan tersendiri bila nantinya terpilih sebagai pemimpin. Sebab, orang Sasak akan mampu menyatukan seluruh entitas yang tersebsar di NTB.

Pesan kepada Lalu Iqbal

Ia juga menitipkan pesan kepada Lalu Iqbal, agar tetap melanjutkan tekad pembangunan yang telah berjalan sejak dahulu. Kemudian, pasangan Dinda ini mesti menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif.

Miq Azhar meminta kepada Lalu Iqbal agar lebih menekankan soal perbaikan infrastruktur. Menurutnya, Iqbal mesti membuat terobosan-terobosan yang berguna untuk masyarakat NTB. Salah satunya, dengan membuat jalan-jalan alternatif agar masyarakat tidak mengalami kemacetan.

Terakhir, Miq Azhar menitipkan kepada Lalu Iqbal untuk senantiasa memproduksi ide-ide baru yang relevan untuk masyarakat. Selain itu, Lalu Iqbal mesti mampu mewujudkan janji-janji yang terberi ke masyarakat.

“Lalu Iqbal mesti melanjutkan segala hal yang sudah bagus di NTB,” tandasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button