Daerah NTBEkonomi BisnisPariwisataPemerintahan

Rute Penerbangan Lombok-Balikpapan Dibuka Hari Ini

Mataram (NTBSatu) – PT Angkasa Pura I Bandara Lombok mulai membuka rute penerbangan langsung dari Lombok tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur. Ini akan berlaku mulai hari ini, Rabu, 3 Juli 2024.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Barata Singgih Riwahono, mendampingi PJ Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hassanudin membuka penerbangan perdana ini.

“Rute Lombok-Balikpapan dan sebaliknya ini beroperasi dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu. Setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu, dengan maskapai Lion Air,” jelas Barata, Rabu, 3 Juli 2024.

Untuk jadwal penerbangannya, Lion Air nomor penerbangan JT 732 akan berangkat dari Lombok pukul 14.50 WITA. Di mana untuk jadwalnya akan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA.

Sedangkan dari Balikpapan, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 733 akan lepas landas pukul 12.30 WITA dan mendarat di Lombok pukul 14.10 WITA.

Barata mengatakan, pihaknya menyambut baik dan positif dengan hadirnya rute penerbangan baru bagi pengguna jasa Bandara Lombok ini.

Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, serta Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sebaliknya.

Bandara Lombok Layani 8 Rute Penerbangan Domestik

Penerbangan Lombok – Balikpapan akan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dan fasilitas bagasi kabin gratis 7 kilogram serta bagasi tercatat 20 kilogram.

Dengan adanya rute Lombok-Balikpapan ini, maka Bandara Lombok saat ini melayani delapan rute penerbangan domestik reguler. Di antaranya, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, Makassar, dan Balikpapan. Rute penerbangan ini oleh maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua rute, yaitu tujuan Kuala Lumpur oleh maskapai Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad dan tujuan Singapura yang dilayani oleh Scoot.

“Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang setiap tahunnya juga menjadi tuan rumah event internasional kelas dunia MotoGP. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan penggemar sport tourism untuk datang ke Lombok,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button