Pendidikan

Empat Pelajar NTB ke Jakarta Seleksi Nasional Paskibraka 2024

Mataram (NTBSatu) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Provinsi NTB telah selesai melaksanakan empat tes seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 tingkat provinsi, pada Mei 2024 lalu. Hasilnya, sebanyak empat pelajar asal NTB lulus dan akan mengikuti seleksi tingkat nasional di Jakarta.

Keempat pelajar tersebut, yakni Lalu Muhammad Bagus Rizqullah Febrian Putra asal Kota Mataram, SMAN 1 Mataram; Pirna Ratnasih asal Kabupaten Lombok Utara, SMAN 1 Tanjung; Amna Kayla asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), MAN 1 Sumbawa Barat; dan Muhammad Raihan Ammar Firdaus asal Lombok Tengah, SMAN 1 Praya.

Humas Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Mataram, Afiifah Ghina Ulayya kepada NTBSatu menyampaikan, seleksi tingkat nasional akan berlangsung dari tanggal 9 sampai 13 Juni mendatang.

“Kemarin, empat pelajar yang lulus tingkat provinsi sudah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional 2024 sampai tanggal 13 Juni,” katanya Senin, 10 Juni 2024.

IKLAN

Dijelaskannya, seleksi tingkat nasional ini diperuntukkan untuk pembentukan tim Paskibraka pada tingkat pusat.

“Dari empat orang yang dikirim ke pusat untuk mengikuti seleksi nasional, dua orang akan menjadi tim Paskibraka yang bertugas di Istana Negara. Sementara, sisanya akan menjadi tim pengibar bendera di Kantor Gubernur NTB saat 17 Agustus nanti,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Praya, Kadian merasa bangga salah satu siswanya bisa mewakili NTB untuk mengikuti seleksi nasional Paskibraka 2024.

Berita Terkini:

“Alhamdulillah, siswa SMAN 1 Praya, Muhammad Raihan Ammar Firdaus lulus seleksi paskibraka tingkat provinsi dan akan menjadi seleksi paskibraka tingkat nasional,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga Ammar dapat memberikan yang terbaik dalam seleksi di Jakarta nanti. “Mohon doa semoga ananda Ammar bisa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam mengikuti seleksi,” harapnya.

Sebagai informasi, keempat pelajar yang berangkat seleksi Paskibraka tingkat nasional 2024, telah menjalani seleksi dari sejak bulan Februari. Seleksi yang diikuti dari tingkat sekolah hingga provinsi.

Untuk seleksi tingkat provinsi, setiap Kabupaten/Kota yang ada di NTB mengirim maksimal empat orang terdiri dari dua putra dan dua putri sebagai perwakilan dari daerah tersebut.

Seleksi yang dilakukan mulai dari postur badan, minimal 170 centimeter bagi putra dan 165 centimeter untuk perempuan. Kemudian, dilihat dari bagaimana peraturan baris-berbarisnya (PBB), serta ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) serta Tes Intelegensia Umum (TIU). (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button