Pendidikan

Unram Buka Beasiswa untuk 16 Mahasiswa Palestina Tahun Ini

Mataram (NTBSatu) – Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram (Unram), Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si., menyampaikan, bahwa Unram akan membuka beasiswa untuk 16 mahasiswa Palestina pada tahun akademik 2024/2025.

Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan Workshop International Credit Transfer Program dengan tema ‘Perizinan dan Pengelolaan Mahasiswa Asing dan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang’, yang digelar Kantor Urusan Internasional (KUI) Unram, Kamis, 30 Mei 2024.

“Pada tahun akademik 2024/2025, Unram akan membuka beasiswa untuk 16 mahasiswa dari Palestina dan memberikan beasiswa parsial sebesar 50% kepada beberapa mahasiswa asing dari Myanmar, Bangladesh, Pakistan, dan negara lainnya,” jelasnya Prof. Nana, sapaan akrabnya, dikutip dari keterangan resmi Unram, Senin, 3 Juni 2024.

“Rupanya Unram diminati oleh mahasiswa dari Timur Tengah,” tambahnya.

Prof. Nana juga menjelaskan, sampai saat ini, Unram sudah membuka kelas internasional di 16 program studi. Karena itu, ia menekankan pentingnya memanfaatkan workshop tersebut secara maksimal, mengingat tantangan yang dihadapi dalam mengelola program internasional.

“Karena ini hal yang kita masih belum terbiasa dalam menyelenggarakannya, maka perlu beberapa hal yang sangat krusial untuk kita kerjakan, terlebih bagaimana perizinan dari kementerian dan apa yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi,” ujarnya.

Berita Terkini:

“Tolong manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan ini, karena tidak mudah kita mendatangkan narasumber-narasumber yang hebat ini,” lanjutnya.

Prof. Nana turun menginformasikan, bahwa Unram telah menetapkan Unit Percepatan (UP) World Class University sebagai bagian dari langkah untuk mewujudkan mimpi besar menjadi universitas berskala internasional.

Semantara itu, Staf Pokja Penguatan Kelembagaan Pendidikan Tinggi (Dikti), AA Sodikin yang menjadi narasumber dalam workshop mengungkapkan, adanya peningkatan signifikan dari jumlah mahasiswa asing di Unram.

“Unram peningkatan jumlah mahasiswa asingnya sangat pesat dari 2022 -2024. Untuk tahun ini ada 145 mahasiswa dari berbagai jenis program seperti Master Degree, BIPA, dan Short Course. Untuk perizinan dan pelaporan ke Dikti, Unram sudah sangat luar biasa. Belum ada masalah sejauh ini,” tuturnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button