BERITA LOKALBREAKING NEWSKabupaten Bima

Tiga Warga Kabupaten Bima Diserang Anjing Rabies

Mataram (NTBSatu) – Sebanyak tiga orang warga Desa Rada, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima diserang anjing rabies, pada Jumat, 24 Mei 2024. Tiga warga tersebut, terdiri dari satu orang dewasa Ilyas (31) serta dua anak kecil, Muh. Hairul Azam (1,9) dan Sakira Sahrul (1,5).

Kasubbid Penanganan Darurat BPBD Kabupaten Bima dalam informasi tertulis diterima NTBSatu, Minggu, 26 Mei 2024, kejadian bermula ketika Ilyas dan dua anak kecil sedang bermain Jumat pagi itu.

“Kejadiannya pukul 08.20 Wita, mereka sedang bermain, tiba-tiba datang anjing dan langsung menggigit tangan kanannya,” jelasnya. Anjing juga menyerang Ilyas yang saat itu berada di sekitar TKP. Akibatnya, luka luka di bagian tangan. Sementara dari gambar yang diterima, salah satu anak yang jadi korban mengalami luka robek bagian wajah.

Saat itu juga, langsung diberikan pertolongan kepada ketiga korban tersebut dengan dibawa ke Puskesmas terdekat.

IKLAN

“Tindakan yang diberikan berupa mencuci lukanya menggunakan sabun dengan air mengalir selama 15 sampai 20 menit. Dilakukan oleh pihak keluarga,” ujarnya.

Kemudian, diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) sebanyak dua dosis. Serta, perawatan luka dan pemberian obat oral dilakukan oleh pegawai Puskesmas Kecamatan Bolo.

“Sampai saat ini kondisi korban masih dalam perawatan keluarga dan selalu dipantau Tim Medis Puskesmas Kecamatan Bolo,” tambahnya.

Pihak Pusdalops BPBD Kabupaten Bima pun langsung melakukan koordinasi lebih lanjut dengan dinas terkait mengenai dampak dan penanganan, serta kewenangannya.

“Untuk saat ini kebutuhan yang mendesak, yakni vaksin anjing rabies,” tandasnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button