Politik

Berikut Jadwal Tes Wawancara PPS Pilkada 2024 dan Materi Pertanyaannya

Mataram (NTBSatu) – Seleksi tertulis pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2024 telah rampung pada 18 Mei 2024 lalu. Peserta yang dinyatakan lolos akan melanjut ke tahap wawancara.

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2024, tes wawancara PPS Pilkada tahun ini dijadwalkan berlangsung selama 21-23 Mei 2024. Hal apa saja yang bakal ditanyakan sewaktu tes, berikut NTBSatu sajikan jadwal tes wawancara PPS Pilkada 2024 beserta contoh soal yang biasanya ditanyakan.

Berikut tanggal tes dan pengumuman hasil seleksinya:

Wawancara Calon Anggota PPS Pilkada 2024: 21-23 Mei 2024. Pengumuman Hasil Seleksi Calon Anggota PPS Pilkada 2024: 24-25 Mei 2024.

IKLAN

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, pastikan yang lolos ke tahap ini membawa sejumlah dokumen.

  1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik
  2. Kartu Pendaftaran (dapat diunduh dari SIAKBA)
  3. Alat tulis
  4. Materi Tes Wawancara PPS Pilkada 2024

Berdasarkan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022, materi seleksi wawancara PPS Pilkada 2024 mencakup empat hal. Tiga di antaranya memiliki bobot nilai 0-100.

Berita Terkini:

Ini berarti, peserta yang mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan sempurna akan mendapat nilai 300. Penjelasan tentang materi tes wawancara PPS Pilkada 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Pengetahuan Kepemiluan
    Calon anggota PPS wajib memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemilihan umum. Pertanyaan seputar kepemiluan umumnya tidak jauh dari topik, teknis penyelenggaraan pemilu, kelembagaan penyelenggara pemilu, pengetahuan kewilayahan, hingga administrasi kepemiluan.
  2. Komitmen
    Selain pengetahuan umum soal pemilu, peserta PPS juga akan ditanyai perihal komitmennya kelak ketika telah mengemban tugas sebagai anggota PPS. Terdapat sejumlah poin yang perlu dipelajari peserta calon anggota PPS, di antaranya integritas, independensi, profesionalitas, loyalitas, hingga visi.
  3. Rekam Jejak
    Peserta akan ditanyai seputar rekam jejak dan pengalaman pribadinya seputar kepemiluan, organisasi, pengalaman kerja, dan pendidikan. Berikut rincian materinya riwayat pengalaman kepemiluan, riwayat pengalaman organisasi, riwayat pengalaman kerja, dan riwayat pendidikan.
  4. Klarifikasi dan Tanggapan Masyarakat
    Terakhir adalah klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat. Masyarakat akan dimintai tanggapan terhadap pribadi calon anggota PPS Pilkada 2024.
    Penilaian klarifikasi masukan dan tanggapan masyarakat ini masuk dalam lembar penilaian saat proses wawancara berlangsung sebagai tambahan nilai. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button