Tips

Jarang Diketahui, 5 Tips Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran Idulfitri

Mataram (NTBSatu) – Tak dipungkiri, bagi sebagian besar orang akan mengeluarkan dana cukup banyak selama Hari Raya Idulfitri.

Pengeluaran tersebut biasanya saat membayar zakat, biaya makanan, pakaian, amplop lebaran, biaya untuk hidangan dan lainnya.

Lantas bagaimana untuk mengembalikan kondisi keuangan setelah lebaran Idulfitri? Berikut tips dari NTBSatu yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

  1. Periksa dan atur kembali catatan keuangan

Anda harus memastikan bahwa pada bagian mana saja yang menyebabkan pengeluaran sangat banyak saat lebaran. Sehingga dengan begitu, Anda bisa mengisi kembali kekosongan uang pada dana yang secara tidak sengaja terpakai.

Setelah Anda melakukan evaluasi terhadap catatan pengeluaran keuangan selama Idulfitri, selanjutnya Anda kembali mengatur anggaran keuangan tersebut.

Tujuannya, untuk mengatur kembali perincian pengeluaran keuangan Anda. Lalu Anda bisa menekan pos-pos yang dirasa tidak terlalu penting. Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir pengeluran pasca lebaran Idulfitri.

  1. Buat prioritas

Berikutnya, setelah seluruh pos atau bagian pengeluaran telah Anda rincikan, selanjutnya Anda bisa mengurutkannya sesuai dengan prioritas kebutuhan.

Untuk sementara, Anda harus menghilangkan membeli atau mengeluarkan uang terkait dengan hal yang tidak terlalu penting. Pasca lebaran, Anda sebaiknya mulai fokus pada kebutuhan utama, seperti belanja haruan, iuran bulanan, dan lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa menata kembali keuangan pasca lebaran Idulfitri.

3.Batasi pengeluaran harian

Membatasi pengeluaran harian maksudnya bukan berarti Anda tidak membeli kebutuhan sehari-hari. Namun, lebih memprioritaskan hal yang lebih utama. Anda bisa membuat daftar rincian belanjaan sesuai kebutuhan.

Misalnya, menghindari membeli makanan atau minuman di luar, karena bisa dibilang cukup boros.

Berita Terkini:

  1. Mulai menabung kembali

Dengan membatasi pengeluaran, Anda diharapkan mampu menyisihkan uangnya untuk mengisi kembali tabungan yang terpakai saat lebaran.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mulai menyisihkan uang sedikit demi sedikit untuk ditabung. Jangan sampai menunggu jika ada sisa pengeluaran.

Hal ini untuk berjaga-jaga atau bersiaga jika Anda memiliki kebutuhan mendesak, Anda bisa langsung menggunakan uang tersebut.

  1. Disiplin dalam mengatur keuangan

Seluruh langkah yang diambil untuk mengembalikan kondisi keuangan pasca lebaran Idulfitri akan sia-sia begitu saja, jika Anda tidak menanamkan niat dengan kuat ke dalam diri

Tak cukup niat, namun membutuhkan gerak atau eksekusi langsung. Anda perlu memiliki sikap disiplin untuk konsisten berusaha memperbaiki keuangan pasca lebaran Idulfitri.

Itu adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kondisi keuangan setelah menjalani lebaran Idulfitri 1445 Hijrah. Semoga bermanfaat. (KHN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button