Tips

Tips Mengerjakan Skripsi bagi Mahasiswa saat Lebaran

Mataram (NTBSatu) – Momen lebaran menjadi satu-satunya waktu berkumpul bagi keluarga besar, dengan bertukar cerita antar saudara dan sepupu. Bagi yang sedang mengerjakan skripsi, momen tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapat pencerahan kepada saudara atau sepupu yang telah selesai kuliah lebih dulu.

Lantas bagaimana caranya memanfaatkan momen lebaran ini untuk mengerjakan skripsi? Berikut tips yang telah dirangkum NTBSatu:

  1. Manfaatkan momen Lebaran untuk cari inspirasi

Meskipun sederhana, momen berkumpul dengan keluarga besar bisa membuat suasana hati seseorang lebih baik.

Nah, manfaatkan momen tersebut untuk mengurangi rasa stres. Dengan pikiran yang fresh, kamu akan semakin mudah untuk berpikir jernih dan mendapatkan inspirasi untuk mengerjakan skripsi.

  1. Berbagi cerita dengan saudara

Saat Lebaran, pasti akan bertemu dengan semua saudara. Momen tersebut tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan bertukar cerita seputar skripsi bersama saudara yang seumuran atau bahkan sudah punya pengalaman menyelesaikan skripsi.

Hal itu bisa menjadi masukan bagi kamu yang mengerjakan skripsi. Terlebih sebagai saudara, pasti mereka akan memberikan saran yang baik untuk skripsimu nantinya.

Berita Terkini:

  1. Jalan-jalan

Manfaatkan momen libur Lebaran untuk jalan-jalan di sekitar kampung halaman. Mengingat, sebuah ide itu bisa muncul di mana saja.

Bisa saja saat kamu lewat di suatu tempat atau melihat suatu kejadian, justru menemukan topik menarik untuk dijadikan sebagai bahan skripsi.

  1. Penelitian di kampung halaman

Tidak ada salahnya kalau kamu memilih kota kelahiranmu atau kampung halaman untuk dijadikan sebagai tempat penelitian. Sebab, siapa tahu belum pernah ada yang mengeksplorasi potensi yang ada di sana.

Selain itu, dari segi pengeluaran, kamu juga bisa lebih hemat karena tinggal di rumah orang tua sendiri selama penelitian. Manfaat lainnya, kamu sudah cukup hafal dengan karakteristik orang di daerahmu, sehingga bisa lebih mudah untuk mengambil data-data yang dibutuhkan.

  1. Minta doa

Jadikan momen Lebaran untuk meminta doa kepada seluruh keluarga supaya dimudahkan dalam penyelesaian skripsi. Hal tersebut dapat menjadi dukungan tersendiri untuk tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi dan segera lulus kuliah. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button