Tips

5 Tips Agar Tetap Produktif Setelah Libur Lebaran

Mataram (NTBSatu) – Tidak terasa lebaran Idulfitri 1445 Hijriah segera datang. Sebagian masyarakat akan bersilaturahmi dan berlibur. Namun, beberapa orang mungkin kesulitan kembali beraktivitas produktif setelah lebaran.

Kembali beraktivitas setelah libur memang bukan hal yang mudah. Anda sekalian mesti menyesuaikan kembali pikiran dan kebiasaan pasca berlibur.

Meski begitu tak perlu risau, Anda sekalian bisa melakukan beberapa hal agar mood kembali dan bisa beraktivitas seperti biasa. Berikut tips NTBSatu:

  1. Cari inspirasi pengembangan diri

Agar semangat kembali terpompa, Anda bisa mencari berbagai inspirasi pengembangan diri. Salah satunya dengan membaca buku atau mendengar berbagai podcast.

Mungkin di antara Anda sekalian merasa bahwa membaca buku atau mendengar podcast adalah yang membosankan. Tapi dilansir Forbes, rasa penat muncul karena setelah membaca buku, kita tidak melakukan apa pun.

  1. Bagi cerita dengan rekan kerja

Tips berikutnya, Anda bisa kembali produktif pasca berlibur setelah berbagai cerita dengan rekan kerja.

Usai libur lebaran, sebaiknya Anda jangan menjauhkan diri orang-orang di kantor atau rekan profesi Anda. Hal ini setidaknya akan membuat malas memikirkan liburan.

Justru sebaiknya, Anda akan berbaur dengan rekan kerja dan cerita terkait pengalaman saat mereka berlibur. Hal ini bisa mengembalikan fokus dan semangat.

  1. Rencanakan jadwal libur selanjutnya

Berikutnya, Anda bisa lebih produktif jika memikirkan rencana liburan selanjutnya.

Dilansir Jumat, 5 April 2024, menurut X-Team, salah satu tips untuk meredakan rasa malas setelah berlibur adalah dengan merencanakan jadwal liburan berikutnya.

Berita Terkini:

Meskipun kemungkinan jadwalnya masih jauh, bekerja akan lebih menyenangkan karena ada sesuatu yang ditunggu-tunggu.

Jika tak mempunyai waktu liburan yang panjang, Anda cukup sekadar memikirkan kegiatan kecil atau me-time untuk diri sendiri.

  1. Manfaatkan waktu istirahat

Cara lain lain adalah, Anda bisa menjadi produktivitas jika memanfaatkan waktu istirahat.

Sebagian besar orang-orang mengabaikan waktu istirahat ketika bekerja setelah Lebaran. Hal ini dilakukan supaya mereka bisa cepat menyelesaikan semua pekerjaan.

Walaupun terlihat efektif, kegiatan ini justru bisa menurunkan produktivitas dan semangat Anda dalam bekerja. Kualitas kerja yang dihasilkan pun kemungkinan tidak akan maksimal.

  1. Mulai dari pekerjaan yang jelas

Salah satu kunci untuk mengatasi rasa malas setelah liburan tidak produktif setelah libur Lebaran adalah mulai dengan bekerja dengan jelas. Maksudnya, memperjelas waktu dan situasi berkerja.

Anda sebaiknya mulai menyusun waktu bekerja dengan sebaik-baiknya. Sesuaikan dengan kondisi Anda pasca berlibur.

Salah satunya, Anda bisa bekerja kepada rekan kerja atau senior. Anggap saja sebagai pemanasan sebelum bekerja.

Itu adalah tips yang bisa Anda pakai untuk kembali beraktivitas dan bekerja produktif setelah libur Lebaran. Semoga bermanfaat. (KHN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button