Tips

Tips Kembali Bugar Setelah Lebaran Idulfitri

Mataram (NTBSatu) – Banyaknya kegiatan yang dilakukan saat libur Idulfitri, seperti bersilaturahmi, mudik, dan membersihkan rumah membuat tubuh harus tetap bugar setelah lebaran.

Belum lagi, dengan masakan yang tersaji ketika berkunjung ke rumah keluarga saat lebaran dengan banyak mengandung lemak dan santan, sehingga memicu berbagai macam penyakit timbul seperti kolesterol tinggi.

Untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu berbagai penyakit tersebut, maka perlu ada strategi agar tubuh tetap bugar setelah lebaran. Yuk simak tipsnya:

  1. Pola Tidur Teratur

Selama berpuasa sebulan lamanya, jam tidur semakin pendek disebabkan harus bangun sahur. Setelah lebaran, alangkah baiknya memperbaiki jadwal tidur kembali kurang lebih 8 jam sehari.

Hal ini dilakukan agar badan tetap bugar. karena pola tidur yang teratur tersebut akan mampu menjaga imunitas tubuh.

  1. Imbangi dengan Olahraga

Tak cukup hanya dengan pola tidur yang teratur. Perlu diimbangi juga dengan melakukan olahraga dengan durasi mulai 10 hingga 15 menit untuk awal.

Kemampuan durasi berolahraga bisa dibangun pelan-pelan, dan jangan langsung memaksa berolahraga berat. Perlu juga memberi jeda hari tanpa berolahraga untuk beristirahat.

Berita Terkini:

  1. Perbanyak Zat Gizi dan Serat

Untuk memperbaiki konsumsi makanan menjadi lebih padat gizi setelah menjalani puasa dan lebaran, alangkah baiknya memperbanyak zat gizi dan serat.

Terdapat sebuah rumusan dalam memenuhi gizi protein sesuai kebutuhan badan masing-masing, yakni rumus 0,8 sampai dengan 1,2 dikali berat badan (BB) saat ini. Misalnya, 1x 50 kg (BB) berarti membutuhkan protein sebanyak 50 gram/hari.

Untuk meningkatkan sistem imun, tubuh membutuhkan zat gizi makro dan mikro. Zat makro mencakup protein, lemak, dan karbohidrat, sedangkan yang mikro mencakup vitamin dan mineral.

Kedua jenis gizi ini berperan sebagai imun booster, sedangkan khusus zat gizi makro menjadi pendukung utama produksi sel dalam tubuh, sehingga tubuh membutuhkan protein.

Jangan lupa juga untuk membatasi lemak, mengurangi kolesterol dan hindari makan gorengan. Penting untuk perbanyak serat dari sayur, buah, biji-bijian.

  1. Terapkan Mindful Eating

Makan berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas hingga berbagai penyakit kronis seperti diabetes hingga penyakit jantung. Agar lebih waspada dengan jumlah porsi makan, terapkan mindful eating yang dapat membantu untuk mengontrol jumlah makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Hindari multitasking atau ngobrol saat makan, supaya sadar dengan porsi yang dikonsumsi dan dapat menikmati rasa makanan. Selain itu, jangan abaikan respons tubuh.

  1. Minum Multivitamin

Terakhir, untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari, dapat mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Sehingga konsumsi multivitamin sangat penting agar badan tetap bugar setelah libur panjang Idulfitri. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button