Kabupaten BimaKota Bima

Sebanyak 250 Orang Masyarakat Kabupaten dan Kota Bima Mendapat Operasi Katarak Gratis

Kota Bima (NTBSatu) – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) nya Ke-60, Bank NTB Syariah menggelar Bakti Sosial Operasi Mata Katarak Gratis melalui program “Nampak Terang Benderang” Kamis – Jumat 7-8 Maret 2024, yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Sondosia Bima.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Fahrurrahman mengatakan, pihaknya telah melakukan skrining selama 3 hari pada 21 Puskesmas di Kabupaten Bima dan diperoleh data 400 penderita Katarak.

“Namun yang akan dilakukan operasi dalam dua hari kegiatan bakti sosial sebanyak 250 pasien terdiri dari 150 warga Kabupaten Bima dan 100 dari Kota Bima,” kata Fahrurrahman, Jumat, 8 Maret 2024.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri menyampaikan, secara keseluruhan, jumlah penderita katarak di NTB sebanyak 15.000 orang. Menempati urutan nomor dua di Indonesia setelah provinsi Jawa Timur.

“Pemerintah menargetkan penanganan 5.000 pasien per tahun. Sehingga jumlah tersebut dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun,” ungkap Fikri.

Berita Terkini:

Sebagian besar katarak, lanjutnya, disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, sehingga banyak penderita yang berdomisili di wilayah pesisir seperti nelayan.

Karena itu, untuk melindungi mata, dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam saat melakukan aktivitas pada siang hari.

Saat ini, murid SD dan para pelajar sekolah menengah juga mengalami gangguan penglihatan karena radiasi dari layar HP. Karenanya, ia meminta agar anak-anak perlu dilindungi untuk tidak menggunakan perangkat elektronik dalam jangka waktu yang lama.

“Selain itu masyarakat juga diminta untuk secara teratur mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti jambu biji, brokoli, wortel, jeruk, jenis buah-buahan dan sayuran lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, hadir pada kegiatan Bakti Sosial tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Fatahullah, para pejabat eselon III Dikes, Pimpinan Bank NTB Kantor Cabang (KC) Tente dan KC Soekarno-Hatta, Perwakilan Pemkot Bima dan Manajemen RSUD Sondosia. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button