ADVERTORIALPendidikan

259 Wisudawan UNDIKMA Siap Kerja, Ketua YPIM Dorong Lulusan Berkarier di Luar Negeri

Mataram (NTBSatu) – Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) menggelar Wisuda ke-7 yang berlangsung di Hotel Lombok Raya Mataram, Jumat 8 Maret 2024.

“Hari ini ada 259 wisudawan yang berasal dari 5 Fakultas,” ucap Ketua Panitia Wisuda, Ni Ketut Alit Suarti dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, Ketut Alit mengatakan, acara wisuda dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 8 Bali NTB Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.T., Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.L. Rusmiady, S.H.,M.M., Rektor Prof. Kusno, DEA.,Ph.D beserta Anggota Senat dan Pimpinan UNDIKMA dan keluarga/pendamping wisudawan/wisudawati.

Rektor UNDIKMA, Prof. Kusno, DEA.,Ph.D, dalam pidato wisuda menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan keluarga yang berbahagia.

“Untuk bisa menjadi Sarjana, saudara telah menempuh 144 SKS yang setara 7.200 jam. Modal utama yang telah dipelajari di kampus adalah belajar mandiri, karena itu setelah wisuda jangan bergantung lagi kepada orang tua,” pesan Rektor lulusan Prancis ini.

Kusno mengingatkan, ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu harus proaktif berlatih mandiri, memimpin diri sendiri, mengarah pada kompas yang telah ditentukan serta menjalani tugas dan pekerjaan dengan manajemen yang baik.

“Berani memulai dan merubah diri, karena kita tidak akan pernah bisa sukses kalau tidak memulai. Oleh karena itu, harus terus dicoba,” tukasnya.

Berita Terkini:

Sementara, Kepala LLDikti Wilayah VIII Bali-NTB Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.M, dalam sambutannya mangungkapkan, salah satu kebanggaan dari kaum akademisi adalah bisa melahirkan lulusan.

Selebihnya, Kepala LLDIKTI VIII banyak memaparkan regulasi dan dinamika dunia pendidikan saat ini.

“Banyak program pemerintah termasuk kurikulum yang diajarkan selama kuliah diorientasikan sebagai bekal wisudawan untuk menghadapi masa depan,” ucapnya.

Selanjutnya, Ketua YPIM, H.L. Rusmiady, turut mengingatkan seluruh wisudawan agar memantapkan niat dan menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks.

“Jangan takut berkarir diluar daerah bahkan diluar negeri, karena hal itu akan menambah pengalaman dan menempa diri anda untuk menjadi insan yang semakin mandiri,” tokoh Lombok di Jakarta ini.

Pada kesempatan ini, salah seorang wisudawan atas nama Kurniawan, atlet kempo yang meraih medali pada PON Papua mendapatkan reward dari Ketua Yayasan.

Adapun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Muliawan Hidayatullah Sejati dari Program Studi Kehutanan dengan IPK 3,93 dengan predikat kelulusan Sangat Terpuji.

Wisuda Universitas Pendidikan Mandalika. Foto: Istimewa

Berikut ini tertera rincian jumlah 259 wisudawan yang berasal dari 5 fakultas, antara lain:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) 57 orang.
    Rinciannya, Teknologi Pendidikan 18 orang, Bimbingan dan Konseling 19 orang, Administrasi Pendidikan 15 orang dan Pendidikan Luar Sekolah 5 orang.
  2. Fakultas Sainst Teknik dan Terapan (FSTT), 33 orang.
    Rinciannya, Pendidikan Biologi 3 orang, Matematika 5 orang, Kimia 4 orang, Fisika 2 orang, Pendidikan Teknologi Informasi 7 orang, Kehutanan 11 orang, dan Teknik Sipil 1 orang.
  3. Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM), 96 orang.
    Rinciannya, Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 95 orang dan Prodi Kesehatan Masyarakat 1 orang.
  4. Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB), 31 orang.
    Rinciannya, Prodi S1 Bhs. Inggris 24 orang dan Prodi Manajemen 7 orang.
  5. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sebanyak 42 orang. (STA/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button