Lombok Timur

Jokowi Genjot Hilirisasi Rumput Laut, Tapi Pabrik Pengolahan di Lombok Timur Telantar

Lombok Timur (NTBSatu) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengunjungi pabrik pengolahan rumput laut di Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, pada Jumat, 23 Februari 2024. Presiden akan ditemani oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, M Juaini Taofik, pemerintah tengah menggenjot hilirisasi rumput laut atau geranggang di wilayah tersebut agar tidak lagi menjual mentahan ke luar daerah, melainkan diolah menjadi berbagai produk yang lebih bernilai.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur sebenarnya pernah memberikan tempat pengeringan dan pabrik sederhana pengolahan rumput laut di lokasi yang tidak jauh dari Ekas Buana, tepatnya di Desa Seriwe. Namun kini fasilitas tersebut ditelantarkan tanpa isi.

Menurut sejumlah warga setempat, pabrik itu sudah sangat lama tidak beroperasi. Kini kerap dijadikan warga sebagai tempat jemur baju saat datang musim penghujan.

Berita Terkini:

“Mungkin sudah 10 tahun tempat ini begini (nonaktif). Dulu pas baru operasi itu saya jadi karyawan juga di sini,” kata pemilik rumah di dekat pabrik tersebut, Mariani, Jumat, 23 Februari 2024.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button