BREAKING NEWS

Banjir Terjang 3 Kecamatan di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu Status Peringatan Dini

Mataram (NTBSatu) – Selain di Kabupaten Sumbawa, banjir juga melanda sejumlah wilayah di Kota Bima, Jumat, 9 Februari 2024.

Kepala BPBD Kota Bima, Gufran menyebut, banjir melanda pemukiman warga sekitar pukul 16.31 Wita.

IKLAN

Kronologisnya, hujan lebat terjadi di wilayah hulu Kota Bima dan hujan dengan intensitas sedang seluruh wilayah.

“Hujan mulai sekitar pukul 15.19 Wita sampai dengan pukul 18.00 Wita. Itu yang menyebabkan beberapa wilayah tergenang banjir,” kata Gufran malam ini.

Dia menyebut, beberapa wilayah di sejumlah kecamatan terdampak banjir.

Berita Terkini:

Di Kecamatan Rasanae Timur, Kelurahan Dodu, Nungga, Oimbo, dan Kumbe. “Di sana yang terkena adalah permukiman warga dan persawahan,” jelasnya.

Kemudian, area persawahan di Kelurahan Ntobo, Kecamatan Raba.

“Kalau di Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda hanya menggenangi wilayah permukiman,” ujarnya.

Saat ini BPBD Kota Bima sedang berkoordinasi dengan Tim Relawan Kebencanaan di masing-masing kelurahan.

“Kami juga sudah menyampaikan laporan kejadian bencana kepada Bidang Kedaruratandan Logistik,” katanya.

Saat ini, hujan telah sepenuhnya berhenti diseluruh wilayah Kota Bima. Namun ketinggian muka air sungai di wilayah hilir terus terjadi peningkatan.

“Besar kemungkinan di beberapa wilayah di hilir akan terjadi luapa seperti kelurahan Penaraga, Penatoi, Lewirato, Mande, Sadia, Manggemaci, Panw, dan Paruga,” imbaunya.

Untuk informasi data dan jumlah korban, pihak BPBD Kota Bima masih dilakukan pendataan. “Info yang terdampak dan lainnya masih kami data,” tutupnya.

Sementara BMKG keluarkan peringatan dini dampak curah hujan tinggi di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, 09 Februari 2024 sejak Pukul 16.40 Wita.

Potensi terjadi genangan air di jalan dan licin di Tanjung, Paruga, Dara, Sambinae, Rontu, Rabangodu Utara, Lewirato, Sadia, Sarae, Melayu, Jatiwangi, Kolo, Jatibaru, Matakando, Santi, Monggonao, Pane, Manggemaci, Mande, Panggi, Penatoi, Nae, Rite, Ntobo, Lelamase, Nungga, Kendo, Penanae, Penaraga, Rabangodu Selatan, Rabadompu Barat, Kumbe, Rabadompu Timur, Kodo, Dodu, Lampe, Oi Foo, Nitu

Sementara potensi air sungai deras di Palibelo Kabupaten Bima. Waspada juga untuk Kecamatan Bolo, Soromandi, Donggo, Sape, Lambu, Wawo, Wera, Ambalawi. Sementara untuk Kabupaten Dompu, peringatan dini untuk Kecamatan Woja, Kilo, Sanggar, Mada Pangga. (KHN/HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button