Sepak Bola

Garuda Gagal Terbang Tinggi di Piala Asia 2023

Mataram (NTBSatu) – Laju Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 kandas pada babak 16 besar. Skuad garuda tak bisa lolos ke babak perempat final, usai kalah dengan Australia 4-0 dalam pertandingan malam ini, Minggu, 28 Januari 2024.

Sejatinya, dalam pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Jassim bin Hamad ini, Indonesia tampil sangat baik sejak babak pertama.

IKLAN

Namun, keberuntungan masih berpihak pada Australia yang unggul lebih dahulu lewat gol bunuh diri Elkan Banggot di menit ke-12.

Para pemain Indonesia pun berusaha mengejar ketertinggalan. Mereka berani mencoba menguasai permainan, tanpa banyak melepaskan bola lambung.

Upaya tersebut membuat Timnas Australia beberapa kali kepayahan. Bahkan, skuad The Socceroos, tak mampu kembali mengancam Indonesia.

Sayangnya, hal itu tak bertahan lama. Pada menit ke-45, Australia kembali memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 hingga turun minum. Gol tercipta dari umpan silang Gethin Jones ke tiang jauh dan berhasil disundul Martin Boyle.

Baca Juga: Oknum Kades di Lombok Barat Didakwa Aktif Kampanyekan Istrinya

Selama babak kedua berjalan 10 menit, skuad garuda masih kesulitan mencari celah untuk mengancam pertahanan Australia. Beberapa kali upaya menekan diberikan Indonesia, tetapi selalu kandas di sisi tengah.

Kesempatan tersebut pun dimanfaatkan dengan baik oleh Australia untuk memberi perlawanan. Alhasil, pada menit ke-88, Australia kembali memperlebar jarak kemenangannya melalui Craig Goodwin yang menyambar bola rebound di depan gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Derita Indonesia makin bertambah di injury time. The Socceroos menambah keunggulannya menjadi 4-0, melalui sundulan Harry Souttar yang memanfaatkan tendangan bebas Craig Goodwin. Skor tersebut bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia menjadi tim pertama yang gugur pada babak 16 besar dan harus terdepak dari Piala Asia 2023. Sementara, Australia melaju ke perempat final dan menunggu pemenang antara Arab Saudi melawan Korea Selatan.

Meski gagal melaju, skuad garuda setidaknya sudah menorehkan rekor baru di Piala Asia. Sebab, Timnas Indonesia untuk pertama kalinya lolos dari fase grup, sepanjang ikut serta dalam turnamen sepak bola terbesar di Asia ini. (JEF)

Baca Juga: PNBP Bali Nusra Tembus Rp19,99 Miliar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button