Kota Mataram

Antisipasi Risiko KPPS, Dikes Mataram Tawarkan Fasilitas Kesehatan dan Nakes

Mataram (NTBSatu) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram sebelumnya melibatkan tenaga medis untuk pemeriksaan kesehatan bagi para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Pemungutan Suara (KPPS) secara gratis di 11 Puskesmas se-Kota Mataram.

KPU Kota Mataram yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Mataram tersebut memberikan pelayanan kesehatan agar risiko ke depannya bisa diantisipasi.

“Kalau untuk ke depannya, panitia TPS akan berkoordinasi dengan KPU, apakah tim medis diminta untuk hadir, kita akan siapkan dengan melihat fasilitas yang ada,” jelas Plt Dinas Kesehatan Kota Mataram Emirald Isfihan, Kamis, 25 Januari 2024.

Namun, bantuan medis tersebut harus melihat dari sumber daya yang ada. Menurut Emirald, jika KPU Kota Mataram meminta untuk difasilitasi secara keseluruhan, maka sedikit memberatkan karena kewajiban dan prioritas di Puskesmas juga harus tetap berjalan.

“Tapi nanti kita lihat, sistemnya apakah mobile atau bisa mengecek saja, mobile yang dimaksud ini bisa dengan menyediakan ambulans, atau bagaimana nanti kita lihat,” tuturnya.

Baca Juga: Pemerintah Gencar Cairkan Bansos, Apa Kabar CPP dan PKH di Mataram?

Emirald menambahkan, anggota KPPS yang sudah lulus secara otomatis sudah dipastikan sehat, dan secara tidak langsung mengurangi risiko sakit.

“Syarat mendaftar mereka kan surat keterangan sehat, dan sejak awal sudah melakukan tes kesehatan,” sebutnya.

Tak hanya itu, Plt Dinas Kesehatan itu juga meminta kepada masyarakat agar tidak terlalu bergantung dengan vitamin, hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk tetap dikonsumsi.

“Cukup dengan menjaga pola makan yang baik, makan sayur, buah, air putih, vitamin tidak dibutuhkan, kecuali di beberapa kondisi tertentu,” pungkasnya. (WIL)

Baca Juga: Pantau Ketat Penerapan UMK di Mataram, Disanaker: Hasilnya Masih Rahasia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button