Pendidikan

Kemendikbudristek Beberkan Strategi Ampuh Lulus SNBP 2024

Mataram (NTBSatu) – Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 akan dibuka 14 Februari mendatang. Calon mahasiswa diminta mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini.

Sebagai bentuk dukungan kepada calon mahasiswa, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) membeberkan sejumlah strategi yang bisa dilakukan agar sukses ikut SNBP 2024.

Sejumlah strategi tersebut disampaikan Ditjen Diktiristek melalui akun Instagram resminya, @ditjen.dikti, pada Senin, 22 Januari 2024. Berikut strategi ampuh yang direkomendasikan bagi calon mahasiswa agar bisa keterima di SNBP 2024:

  1. Pahami Aturan Dasar SNBP

Langkah awal menuju kesuksesan SNBP adalah memahami aturan dan kebijakan SNBP. Pastikan untuk mengakses sumber informasi remi melalui laman www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atu media sosial SNBP

  1. Analisis Nilai Rapor

Analisis mendalam atas nilai rapor penting untuk dilakukan. Sesuaikan hasil analisis dengan jurusan kuliah yang diinginkan. Hal ini untuk mengukur peluang keterima di program studi dan kampus pilihan.

Baca Juga: Bos PT AMG Sudah Divonis, Dua Tersangka Korupsi Pasir Besi Lombok Timur Segera Disidang

  1. Buat Portofolio Terbaik

Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio. Memiliki portofolio yang baik bisa menjadi nilai tambah yang signifikan, sehingga bisa keterima jalur SNBP.

  1. Perhatikan Jadwal SNBP

Jadwal SNBP harus diperhatikan dengan saksama. Buat pengingat di ponsel atau tempat yang mudah dilihat. Bahkan, bagi kamu calon mahasiswa bisa berkolaborasi dengan teman untuk saling mengingatkan satu sama lain.

  1. Penuhi Semua Persyaratan Pendaftaran

Jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan pendaftaran, mulai dari persyaratan umum maupun khusus. Langkah ini tidak boleh diabaikan, karena akan menjadi salah satu faktor keterima atau tidaknya dalam seleksi SNBP. Maka dari itu, harus dipastikan semua persyaratan yang diunggah dengan lengkap dan benar.

Itulah lima strategi ampuh yang direkomendasikan Kemendikbudristek kepada calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri mengikuti jalur SNBP 2024. (JEF)

Baca Juga: Jaksa Oper Penanganan GTI ke Pemprov NTB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button