HEADLINE NEWSPolitik

Debat Cawapres Pilpres 2024: Gibran Rakabuming Celingak celinguk Tanggapi Jawaban Mahfud MD

“Oleh sebab itu, kalau untuk mengatasi inflasi itu tentu yang paling gampang kan kebijakan-kebijakan. Diatur saja, kan harus ada data kecenderungannya di sini begini, kebijakannya harus begini, kecenderungannya di sini begini kebijakannya harus begini,” kata Mahfud.

“Nah itulah yang kita pahami tentang ekonomi hijau ya, inflasi hijau dan sebagainya dan sebagainya,” tutur Menko Polhukam ini.

Namun, responsnya diselingi dengan gestur celingukan yang membuat beberapa orang penonton bertanya-tanya tentang makna di balik ekspresi tersebut.

Moderator segera menyela setelah pertanyaan Gibran, mengingatkan bahwa sesuai aturan debat, penggunaan istilah atau terminologi asing harus dijelaskan. Moderator meminta Gibran untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai istilah “greenflation” yang ia gunakan.

Pertanyaan Gibran yang berbunyi, “Bagaimana cara mengatasi greenflation? Terima kasih,” memunculkan antisipasi terkait pemahaman Calon Wakil Presiden nomor urut 2 terhadap isu lingkungan dan ekonomi.

Kejadian ini menambah nuansa menarik dalam dinamika debat terakhir sebelum pemilihan presiden yang dijadwalkan akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang. Bagaimana Mahfud MD dan calon lainnya akan merespons pertanyaan Gibran serta apakah gestur celingukan tersebut akan memengaruhi pandangan pemilih, menjadi aspek menarik untuk dipantau dalam perkembangan Pilpres 2024.

Baca Juga: Debat Cawapres: Muhaimin Iskandar Janji Menaikkan Dana Desa Menjadi Rp5 Miliar per Desa

Mendengar jawaban Mahfud, Gibran membuat gerakan seolah-olah ia sedang mencari sesuatu. Sambil menempelkan tangan kanan di atas matanya, Gibran menundukkan badan sambil rcelingak-celinguk.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya, kok nggak ketemu jawabannya,” kata Gibran.

“Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau,” lanjutnya.

Gibran lantas menyebut bahwa salah satu contoh greenflation atau inflasi hijau adalah peristiwa demo rompi kuning di Prancis. Ia menyebut bahwa peristiwa itu sangat berbahaya karena sudah memakan korban. Menurut Gibran, hal ini yang harus diantisipasi agar jangan sampai terjadi di Indonesia.

“Intinya transisi menuju energi itu harus super hati-hati, jangan sampai malah membebankan RND yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat, pada rakyat kecil,” kata Gibran.

“Itu maksud saya inflasi hijau, Prof Mahfud,” lanjut putra sulung Presiden Joko Widodo itu. (SAT)

Baca Juga: Bonus Demografi : Literasi Pajak Dan Janji Politik Dalam Peningkatan Penerimaan Negara Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button