Pemerintahan

Format Debat Cawapres Perdana Sama Seperti Debat Capres

Mataram (NTBSatu) – Pelaksanaan debat perdana calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mulai mempersiapkan diri agar pelaksanaan debat berjalan lancar.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam keterangannya, Senin, 18 Desember 2023 menyampaikan, bahwa format pelaksanaan debat cawapres mendatang akan dilakukan sama seperti debat capres 12 Desember 2023.

“Format debatnya tetap sama, terdiri dari enam segmen. Segmen pertama, penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. Dilanjutkan dengan segmen kedua dan ketiga, pertanyaan yang disusun oleh tim panelis dan disampaikan oleh moderator,” jelasnya, dikutip melalui keteranan resmi KPU RI.

Kemudian untuk segmen keempat dan kelima, lanjut Hasyim, masing-masing cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada cawapres yang lain.

“Pada segmen empat dan lima ini, para cawapres juga diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masing-masing cawapres,” ujarnya.

Berita Terkini:

“Jadi memang sama persis dengan formasi pada debat capres yang pertama,” tambah Hasyim.

Lalu untuk segmen terakhir atau keenam akan ada closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing cawapres tentang topik yang dijadikan bahan dalam debat cawapres.

Sementara untuk tema debatnya, sambung Hasyim, terdapat enam tema yang telah disiapkan dan akan dibahas. Keenam tema tersebut adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital.

Tema selanjutnya, keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

“Debat cawapres pertama ini akan dipandu nantinya oleh dua orang moderator seperti debat capres sebelumnya. Ada Alfito Deannova yang merupakan jurnalis dari Transcorp dan Liviana Cherlisa yang merupakan news anchor Kompas TV,” tutur Hasyim.

Dalam debat cawapres ini juga, akan melibatkan 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

“Untuk tempat penyelenggaraan debatnya akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB,” ungkap Hasyim.

Ia memastikan debat tersebut akan diikuti oleh tiga orang cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button