Pemerintahan

HUT Ke-65, Inilah Sederet Penghargaan dan Pencapaian Provinsi NTB

Mataram (NTBSatu) – Provinsi NTB merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 di Kantor Bupati Sumbawa, pada Minggu, 17 Desember 2023.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan, momentum peringatan HUT Ke-65 NTB memiliki makna khusus.

Baginya, ia yang diamanahi sebagai Pj Gubernur NTB pasca-dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada 19 September 2023 lalu memegang kendali pemerintahan transisi di Provinsi NTB.

Gita Ariadi mengungkapkan, peringatan HUT Ke-65 NTB kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa.

“Ini untuk menunjukkan bahwa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa adalah satu kesatuan, yaitu NTB,” kata Gita Ariadi dalam sambutannya saat upacara peringatan HUT Ke-65 NTB, 17 Desember 2023 di Kantor Bupati Sumbawa.

Berita Terkini:

Selama 65 tahun, lanjut Gita, NTB telah mengalami berbagai kemajuan signifikan di berbagai sektor.

Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang membaik, hingga peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta perbaikan pembangunan infrastruktur.

“Seperti stunting kita berada di bawah nasional, yakni 13,49 persen, IPM NTB meningkat 1 persen, dan nilai gabungan inflasi NTB mengalami penurunan, yakni 2,66 (yoy),” ungkapnya.

Selain itu, di umurnya yang sudah melebihi setengah abad ini, NTB sudah mendapat berbagai penghargaan. Di antaranya, berhasil masuk dalam 10 besar provinsi dengan inflasi terendah di Indonesia sebesar 2,66 (yoy). Sementara angka inflasi gabungan bulan ke bulan, inflasi NTB di bawah nasional, yakni 0,34 persen.

Demikian halnya, NTB kembali sukses menggelar berbagai perhelatan akbar MotoGP, MXGP Samota dan Selaparang, Festival Fashion atau Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff) dan berbagai event MICE skala nasional dan internasional.

“Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan kesuksesan dalam aspek penyelenggaraan semata, melainkan juga memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi dan pariwisata,” jelasnya.

Selain itu, NTB juga berhasil meraih berbagai penghargaan dan prestasi skala nasional, antara lain:

  1. Masuk dalam 3 besar nasional penghargaan Anindhita Wistara Data dari BPS RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), dengan kategori baik.
  2. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023, sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) terinovatif klaster provinsi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.
  3. Anugerah meritokrasi kategori baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), atas keberhasilan NTB dalam menerapkan sistem merit pada manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).
  4. Dalam lembaga penyiaran, Pemprov NTB berhasil meraih penghargaan Anugerah KPI 2023, dengan kategori Pemda Peduli Penyiaran dari KPI Pusat.
  5. Dalam bidang pariwisata, NTB juga meraih predikat terbaik pertama Indonesia Muslim Travel Indeks (IMTI) Award dari Kemenparekraf RI, dengan kategori destinasi wisata ramah muslim terbaik I di Indonesia.
  6. Provinsi NTB menerima dua kategori penghargaan pada ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023, yaitu terbaik pertama tingkat kawasan Kalimantan – Nusa Tenggara, serta terbaik pertama sebagai provinsi dengan destinasi pariwisata berkualitas se-Indonesia
  7. Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 klaster provinsi, NTB meraih penghargaan Top 45 Inovasi pelayanan publik terpuji dari KemenPAN-RB, melalui program inovasi PePADU Plus.
  8. Provinsi NTB meraih juara 3 kategori daerah yang melakukan implementasi kebijakan dan regulasi turunan Perda RUED Provinsi, pada penghargaan Dewan Energi Nasional (DEN) 2023.
  9. Dalam pendaftaran sistem elektronik lingkup publik tingkat provinsi se-Indonesia, Pemprov NTB mendapatkan penghargaan sebagai instansi teraktif ke-II

Selain penghargaan tersebut, beberapa pencapaian lain juga didapatkan oleh Provinsi NTB, seperti seluruh Kabupaten/Kota di NTB telah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Di mana sebanyak 5.399.466 jiwa di NTB tekah terdaftar sebagai peserta JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Pencapaian UHC ini telah mencapai 97,56 persen dari jumlah penduduk pada tahun 2023,” terang mantan Sekda NTB tersebut.

Terakhir, pada Selasa, 19 Desember 2023 nanti di Istana Wakil Presiden RI, Pemprov NTB kembali mendapatkan predikat provinsi informatif bersama 15 provinsi lainnya dalam penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button