Lombok Timur

Hutan di Taman Nasional Gunung Rinjani Kembali Terbakar

Mataram (NTBSatu) – Kebakaran kembali melanda Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Lokasi kebakaran tersebut terjadi di Gomongan, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Per 31 Oktober kemarin, luas lahan yang terbakar mencapai 30 hektare dan yang sudah dipadamkan baru 10 hektare.

Kepala Resort Sembalun TNGR, Taufikurrahman menceritakan, pada Selasa 31 Oktober 2023, pukul 09.33 Wita kemarin, pihaknya mendapat Informasi via telpon dari Kasatnit Perlindungan dan Pengamanan SPTN II, M. Nor Fajri, bahwa telah terpantau hotspot melalui aplikasi sipongi di wilayah Resort Sembalun BTNGR.

Berita Terkini:

“Mendapat informasi itu, pada pukul 09.35 Wita, kami mengirim 1 orang anggota untuk melakukan pengecekan di lokasi (size-up) sembari mempersiapkan tim,” kata Taufik.

Setelah mengetahui lokasi kebakaran berada di kawasan TNGR, tepat pukul 11.07 Wita, pihaknya langsung bergerak menuju lokasi bersama tim yang sudah disiapkan.

“Tim Dalkarhutla sebanyak 23 orang mulai melakukan upaya pengendalian. Karena kekurangan tenaga dan keterbatasan alat dan bahan, pada pukul 18.30 Wita, tim sepakat untuk kembali ke kantor Resort untuk menyusun rencana tindak lanjut,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button