Sains & Teknologi

Hujan Meteor Orionid akan Melintasi Langit Indonesia Malam Ini

Mataram (NTBSatu) – Puncak hujan meteor orionid akan melintas di langit Indonesia malam ini, Minggu, 22 Oktober 2023. Hal ini disampaikan Observatorium Bosscha melalui akun Instagram resminya, Jumat, 20 Oktober 2023.

Dalam kalender astronomi Oktober 2023, Bosscha menyampaikan, bahwa puncak hujan meteor orionid di Indonesia terjadi tanggal 22 Oktober 2023 pukul 22.14 WIB sampai dengan fajar.

“Hujan meteor orionid dapat dilihat di arah rasi orion. Beri jarak 45 sampai 90 derajat dari pancaran cahaya rasi orion untuk melihat meteor orionid. Maka, meteor akan terlihat akan lebih panjang dan spektakuler dari sudut pandang ini,” tulisnya.

Berita Terkini:

“Tetapi, jika melihat langsung ke arah rasi orion, meteor akan terlihat berukuran pendek. Hal ini disebut dengan efek perspektif yang disebut pemendekan,” sambungnya.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggambarkan meteor orionid merupakan salah satu hujan meteor terindah tahun ini. Sebab, orionid terkenal dengan kecerahan dan kecepatannya.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button