ADVERTORIAL

Undikma Gelar Wisuda Ke-6 Jenjang Magister, Sarjana, dan Diploma, 430 Lulusan Siap Berkontribusi untuk Pembangunan NTB

Mataram (NTB Satu) – Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) menggelar Wisuda Ke-6 jenjang Magister, Sarjana dan Diploma bertempat di Hotel Lombok Raya Mataram, Senin, 18 September 2023.

Gelaran wisuda ini diikuti oleh 430 wisudawan. Dengan rincian Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) sebanyak 68 orang, Fakultas Sains Teknik dan Terapan (FSTT) 98 orang. Selanjutnya, Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) sebanyak 48 orang, Fakultas Kedokteran Hewan sebanyak 39 orang. Adapun yang terbanyak, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) sebanyak 177 orang.

Untuk menempuh wisuda, setiap mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik dan non-akademik sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Akademik Universitas Pendidikan Mandalika.

Selain itu, mahasiswa juga harus terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan status aktif dan memiliki Penomoran Ijazah Nasional (PIN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Semua mahassiwa yang telah memenuhi persyaratan telah di yudisium oleh fakultas masing-masing pada tanggal 11 – 12 September 2023. Hari ini mereka diwisuda,” jelas Ketua Panitia Wisuda, Ni Ketut Alit Suarti.

Pada Wisuda periode ini, Azzra Hafifa dengan NIM 61119009 dari Program Studi Pendidikan Dokter Hewan berhasil menjadi Periah IPK tertinggi dengan perolehan IPK 3,92 yang menyandang Predikat Kelulusan Sangat Terpuji.

Acara wisuda turut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.M.T.; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd.; Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M.; dan Ketua Aptisi Wilayah VIII B, Dr. H.L. Abdul Muhyi Abidin.

Dalam sambutannya, Rektor Undikma, Prof. Kusno, DEA.,Ph.D., menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan. Rektor berpesan pentingnya para wisudawan untuk segera mengambil peluang yang tersebar pada berbagai sektor.

“Kita tidak bisa kembali dan mengubah awal, tetapi dapat memulai lagi dan mengubah akhirnya, maka pergunakan setiap kesempatan yang ada,” pesan Rektor.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.M.T., mengingatkan kepada wisudawan agar mampu menjadi insan mandiri yang tangguh dan secara ekonomi tidak tergantung lagi kepada orang tua. “Kami tunggu inovasi dan kolaborasi para alumni Undidkma dalam dunia kerja,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., mewakili Gubernur NTB menyampaikan terima kasih karena alumni Undikma telah berkontribusi besar terhadap kemajuan Pendidikan di NTB.

“Alumni Undikma sudah menyebar di mana-mana. Mereka mendedikasikan diri untuk pendidikan di NTB. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan seluruh Civitas Akademika Universitas Pendidikan Mandallika,” kata Aidy.

Menariknya, saat menyampaikan sambutan, Aidy Furqan juga memberikan tawaran langsung kerja di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB kepada lima orang wisudawan terpilih. Sontak seluruh hadirin bergemuruh dan bersuka cita menanggapi tawaran tersebut.

Di samping itu, Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram, H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M., mengimbau agar PTS terus berbenah guna meningkatkan kualitas dan mempersiapkan lulusan memasuki dunia kerja.

“Saya meminta kepada Rektor dan seluruh lapisan Undikma untuk terus beradaptasi. Hal ini bertujuan agar kualitas pendidikan seperti yang diharapkan oleh pemerintah dapat sesuai dengan kebutuhan saat ini,” tutupnya. (STA/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button