ADVERTORIAL

Kopertais Wilayah XIV dan LLDikti Wilayah VIII Apresiasi Capaian Ummat

Mataram (NTB Satu) – Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) wilayah XIV dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah VIII memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat).

Pasalnya, Ummat dalam usia ke-43 tahun telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan dalam berbagai lomba dan kegiatan tingkat nasional maupun internasional. Contohnya, selama dua tahun berturut-turut, Ummat secara konsisten mengirim mahasiswa mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional (IISMA) ke Barcelona dan Malaysia.

Selain itu, Ummat juga mengirimkan 13 mahasiswa mengikuti KKN DIK International ke Malaysia sejak Desember tahun 2022 sampai Agustus 2023. Kemudian, mengirimkan dua mahasiswa mengikuti KKN MAs 2023 ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Serta dua orang dosen yang melaksanakan kegiatan program pengabdian internasional di Victoria Park, Hongkong.

IKLAN

Sementara unggulan di bidang akademik dan non-akademik lainnya, yakni seorang mahasiswa kelas riset Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ummat berhasil tembus publikasi Scopus Q3. Enam mahasiswa lainnya, tembus publikasi Sinta 2, sehingga bisa lulus tanpa skripsi.

Prestasi lainnya, dengan penuh kebanggaan Ummat juga berhasil menorehkan prestasi dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang Seni dan Olahraga (Komnas Senior) 2023, dengan membawa 4 piala persembahan.

Tidak hanya itu, Ummat juga dapat membuka program Pascasarjana untuk tiga program studi (prodi), yakni prodi Ilmu Hukum, prodi Ilmu Lingkungan dan prodi Pendidikan Dasar. Terdapat juga tiga prodi di Ummat yang mendapat akreditasi unggul, prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan prodi PPKn.

Berita Terkait:

Sekretaris Kopertais Wilayah XIV, Dr. H. Nazar Naamy, M.Si., pun menyampaikan rasa bangga atas seluruh capaian yang diraih oleh Ummat.

“Tiga prodi yang mendapat akreditasi unggul ini merupakan capaian yang luar biasa, karena untuk mendapatkan akreditasi unggul tidak main-main. Insyaallah baru Ummat saja yang mendapatkan akreditasi unggul ini,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam wisuda ke-56 Ummat, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Ummat terhadap tata kelola informasi dan teknologi yang digunakan dalam memberikan pelayanan. Sebab, menurutnya, teknologi perguruan tinggi di bawah Kopertais wilayah XIV yang tercanggih dan terbaik adalah Ummat.

“Sehingga setiap kami di Kopertais wilayah XIV mengadakan kegiatan workshop dan lainnya, kami selalu meminta kesedian teman-teman Ummat sebagai narasumbernya,” ucapnya.

Tidak ketinggalan, Kepala LLDikti Wilayah VIII, Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi S.T., M.T., juga memberikan apresiasi atas capaian yang dilakukan Ummat. Ia sangat bangga, kampus Ummat sudah menjalankan pertukaran mahasiswa hingga internasional.

“Bangga sekali saya mendengar kalau kampus Ummat sudah menjalankan pertukaran mahasiswa termasuk IISMA. Karena IISMA sangat bergengsi dan banyak mahasiswa yang ikut kegiatannya sampai tidak mau pulang, sudah betah di tempat pertukaran,” jelasnya.

Sehingga dengan berbagai capaian prestasi yang sudah diraih, kampus Ummat tidak boleh berpuas diri, ungkapnya, masih ada satu hal lagi yang harus diraih, yaitu sebagai universitas terakreditasi unggul.

“Kami dari LLDikti sangat mendorong sekali Ummat bisa terakreditasi unggul. Sudah saya sampaikan juga ke Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah untuk bersama-sama mendorong Ummat bisa terakreditasi unggul,” tuturnya.

Sebab, untuk menjadikan Ummat sebagai universitas terakreditasi unggul ini tinggal selangkah lagi, lanjutnya, karena posisi sekarang sudah akreditasi B atau baik sekali.

“Tinggal selangkah lagi, mudah-mudahan bisa segera terealisasi dan semakin maju ke depannya,” harapnya. (JEF/*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button