ADVERTORIAL

Bapeltanbun NTB Koordinasi dengan BPP Kuripan Terkait Penyuluhan Pertanian

Mataram (NTB Satu) – Balai Pelatihan dan Perkebunan (Bapeltanbun) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan pertemuan dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kuripan, Lombok Barat dal rangka meningkatkan koordinasi penyuluhan pertanian, Kamis, 9 Agustus 2023.

Hadiri dalam kegiatan tersebut Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Lombok Barat , Koordinator BPP Kuripan, Penyuluh BPP Kuripan, Penyuluh Kabupaten Lombok Barat dan Penyuluh Provinsi, Bapeltanbun.

Baca Juga:

Dalam pertemuan tersebut membahas terkait beberapa hal:

  1. Monitoring dan Evaluasi kegiatan Genta Organik (Gerakan Tani Pro Organik) di mana Tahun 2023 ini BPP Kuripan sebagai pelaksana akan melaksanakan kursus tani lanjutan dalam pembuatan Biochar, Pestisida Nabati dan MOL.
  2. Dalam meningkatkan kapasitas penyuluhan pertanian maka biaya bantuan pulsa diberikan dalam penyebarluasan materi dan informasi penyuluhan pertanian terhadap petani dan terlaksananya akses informasi pertanian bagi penyuluh pertanian PNS, PPPK dan/atau THL – TBPP. Sehingga perlu adanya pelaporan biaya operasional penyuluh sebagai bentuk pertanggung jawaban.
  3. Atensi bersama bagi fungsional penyuluh pertanian mengenai Permen PAN & RB No 01 Tahun 2023 dan Permentan No 9 Tahun 2023.
  4. BPP sebagai Kostratani memiliki peran dan fungsinya sebagai pusat konsultasi agribisnis sebagai tempat konsultasi pelaku utama dan pelaku usaha dengan melibatkan instansi atau lembaga terkait dan pusat pengembangan jejaring kemitraan sebagai tempat pengembangan kemitraan usaha pelaku utama dan pelaku usaha dengan pihak lain. Dalam hal ini akan diupayakan adanya kemitraan hortikultura.

Dengan adanya pertemuan koordinasi di tiap waktu bisa menjalin kerjasama serta silaturahmi guna mengetahui masalah dan kebutuhan baik di petani maupun penyuluh. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button