ADVERTORIAL

Distanbun NTB Lakukan Pembibitan Tanaman Hias Asoka

Mataram (NTB Satu) – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SMKPP Negeri Mataram melakukan pembibitan tanaman hias Asoka.

Kegiatan ini dilakukan oleh siswa kelas XI Agribisnis Perbenihan Tanaman, SMKPP Negeri Mataram pada Senin, 7 Agustus 2023 yang merupakan bagian dari Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang dibimbing langsung oleh Arman Suryadi, S.ST., S.P dan Teknisi lapangan M. Faisal, S.ST.

IKLAN

Arman mengatakan, Pembibitan tanaman hias Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, adalah proses tumbuh dari biji atau pemotongan tanaman untuk menghasilkan tanaman muda yang siap ditanam di tempat yang lebih permanen. Tujuan dari Pembibitan Tanaman Hias Asoka, antara lain:

  1. Lanjutan Kehidupan Tanaman. Pembibitan digunakan untuk memperpanjang usia tanaman, terutama jika tanaman induknya sudah tua atau tidak dalam kondisi yang baik. Ini membantu memastikan bahwa tanaman yang sama tetap ada di taman.
  2. Pemulihan Populasi Tanaman

Tanaman Asoka, seperti banyak tanaman lain, mungkin terancam oleh perubahan lingkungan atau praktik manusia. Pembibitan dapat membantu mempertahankan dan memulihkan populasi tanaman yang mungkin terancam punah.

  1. Keragaman Genetik.

Pembibitan bisa digunakan untuk mempertahankan keragaman genetik dalam populasi tanaman. Ini penting untuk menghindari masalah genetik yang dapat muncul akibat pembiakan dalam kelompok yang terbatas.

  1. Keindahan Taman.

Tujuan paling umum dari pembibitan tanaman hias adalah menciptakan keindahan dalam taman atau lanskap. Tanaman Asoka memiliki bunga yang indah dan warna yang menarik, sehingga banyak orang ingin menanamnya untuk mempercantik lingkungan mereka.

  1. Pendidikan dan Penelitian.

Pembibitan juga digunakan untuk tujuan pendidikan dan penelitian. Dalam konteks ini, tanaman hias Asoka dapat menjadi objek studi untuk memahami pertumbuhan tanaman, perkembangan, respons terhadap lingkungan, dan aspek genetik.

  1. Pemasaran dan Penjualan.

Pembibitan juga bisa menjadi bisnis komersial, banyak produsen tanaman hias yang melakukan pembibitan tanaman untuk dijual kepada konsumen, ini bisa melibatkan produksi dalam skala besar atau kecil.

  1. Pengembangan Varietas Baru.

Melalui pembibitan, dapat mengembangkan varietas baru dari tanaman hias Asoka yang memiliki ciri-ciri unik, seperti warna bunga yang berbeda atau bentuk daun yang menarik.

  1. Konservasi Alam.

Pembibitan dapat digunakan dalam upaya konservasi untuk mempertahankan dan memulihkan ekosistem alam yang rusak. Tanaman hias Asoka yang berasal dari habitat alami dapat dijadikan bibit dan ditanam kembali dalam usaha restorasi ekosistem. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button