ADVERTORIAL

Distanbun NTB Beri Edukasi kepada Siswa-siswi soal Manfaat Pertanian

Mataram (NTB Satu) – Kepala Distanbun NTB, Fathul Gani mengatakan, SMK PP Negeri Kota Mataram terima tamu dari SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat Jempong, Sabtu, 20 Mei 2023.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program pendidikan di SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam mempelajari dan memahami pertanian.

IKLAN

“Kedatangan rombongan SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat disambut dengan hangat oleh staf dan siswa SMK PP Negeri Mataram. Mereka mengelilingi sekolah dan melihat fasilitas pertanian yang ada di dalamnya,” ujar Fathul, Kamis, 25 Mei 2023.

SMK PP Negeri Kota Mataram memiliki lahan pertanian yang luas dan beragam jenis tanaman, seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

Siswa-siswa SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat terbagi menjadi beberapa kelompok kecil dan dipandu oleh siswa SMK PP Negeri Mataram.

“Mereka diperkenalkan dengan teknik-teknik dasar dalam bercocok tanam, seperti penanaman kacang panjang, menanam bibit terong, dan menyemai benih terong,” terang Fathul.

IKLAN

Selama kunjungan, siswa-siswi SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat juga dapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktik langsung. Mereka membantu menanam bibit sayuran dan mempelajari cara merawat tanaman dengan benar.

Pembimbing pun memberikan penjelasan mendalam tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Selain kegiatan praktik, para siswa juga mengunjungi laboratorium pertanian di SMK PP Negeri Mataram. Mereka berkenalan dengan teknologi modern dalam pertanian, seperti penggunaan sistem irigasi otomatis, penggunaan pupuk hidroponik, dan pengolahan hasil pertanian dengan mesin-mesin canggih.

Kunjungan tersebut memberikan pengalaman berharga bagi siswa-siswa SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat. Mereka dapat melihat secara langsung tentang proses pertanian dan mempelajari teknik-teknik yang diterapkan di lapangan.

Selain itu, mereka juga mendapatkan pemahaman tentang pentingnya pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Setelah kunjungan selesai, siswa-siswa SDIT Tahfidz Qur’an Cahaya Ummat meninggalkan SMK PP Negeri Mataram dengan penuh kegembiraan dan pengetahuan baru.

“Mereka pulang dengan semangat untuk menerapkan apa yang telah dipelajari selama kunjungan di kehidupan sehari-hari serta menjaga kelestarian alam melalui kegiatan pertanian yang ramah lingkungan,” tandas Fathul. (GSR)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button