Pendidikan

Sesuai Permendikbudristek, Hari Pertama Asesmen Sekolah di Mataram Berjalan Lancar

Mataram (NTB Satu) – Pelaksanaan asesmen sekolah jenjang SMP dan SD di Kota Mataram, mulai kemarin, Senin, 8 Mei 2023.

Pelaksanaannya telah menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

IKLAN

Adapun penyesuaian yang dimaksud, bahwa pelaksanaan asesmen sekolah sepenuhnya diberikan kepada satuan pendidikan masing-masing.

Hal tersebut tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, pada tahun sebelumnya, ada keikutsertaan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaannya.

“Asesmen sekolah ini merupakan penilaian akhir bagi siswa kelas 9 SMP sebagai salah satu syarat kelulusan. Kami hanya memfasilitasi dengan mengeluarkan petunjuk pelaksanaan dan teknis. Untuk pelaksanaan sepenuhnya satuan pendidikan,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., Senin, 8 Mei 2023.

Terkait pelaksanaan yang diberikan sepenuhnya kepada satuan pendidikan, Kepala SMPN 10 Mataram, H. Chamim Tohari, S.Pd., bersyukur bisa seperti itu.

IKLAN

“Alhamdulillah dengan adanya Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 ini, pihak sekolah bisa menyesuaikan dengan kondisi sekolah. Termasuk, dari sarana prasarana dan materi ujiannya,” ujar Chamim kepada NTBSatu, ditemui terpisah.

Pelaksanaan diberikan kepada satuan pendidikan itu, karena hanya pihak sekolah yang mengetahui kemampuan dari seluruh siswanya.

“Untuk soal juga, kami menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Maksudnya itu bukan mempermudah, hanya saja pembuatan soalnya mengikuti dari yang telah guru ajarkan. Beberapa soal juga mengadopsi dari soal yang komunitas guru di Kota Mataram telah buat,” jelas Chamim.

Chamim pun berharap, para siswa tetap sehat selama menjalankan asesmen sekolah ini, agar bisa mengikuti keseluruhan asesmen hingga hari terakhir.

“Kami juga mengimbau kepada orang tua untuk memiliki kepedulian kepada anak-anaknya. Sehingga anak-anaknya dipantau selama mengikuti asesmen, supaya hasilnya baik,” imbau Chamim.

Mengenai jadwal pelaksanaan asesmen sekolah jenjang SMP dan SD di Kota Mataram, akan berlangsung sampai Sabtu, 13 Mei 2023. (JEF)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button