Pendidikan

Pendaftaran UTBK-SNBT 2023 Ditutup Hari Ini, Jangan Lupa Finalisasi dan Cetak Kartu

Mataram (NTB Satu) – Hari ini, 14 April 2023 pukul 15.00 WIB jadi batas akhir pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran UTBK ini merupakan bagian dari seleksi kedua penerimaan mahasiswa baru, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Pemberitahuan batas akhir pendaftaran ini dapat dilihat melalui laman informasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB). Dalam pemberitahuan itu juga diimbau bagi siswa untuk segera melakukan finalisasi hingga tahap cetak kartu. Hal tersebut guna memastikan seluruh data yang terunggah sudah benar.

Pasalnya, berdasarkan statistik pendaftaran UTBK-SNBT 2023 pada Selasa, 11 April 2023, calon peserta banyak yang belum melakukan finalisasi. Jumlah calon pendaftar telah mencapai 1.291.818, sedangkan yang sudah finalisasi hanya 664.947 peserta.

Masih sedikitnya calon peserta yang melakukan finalisasi membuat pihak SNPMB terus memberikan himbauan. “SNPMB menghimbau siswa untuk segera melakukan finalisasi hingga tahap cetak kartu. Serta, memastikan seluruh data yang terunggah benar,” tulis pihak SNPMB dalam laman resminya.

Tidak hanya itu, pihak SNMPB juga memastikan peserta yang memilih program studi kesenian dan olahraga juga menyertakan portofolio sesuai ketentuan. Terdapat sebelas bidang program studi yang mewajibkan pendaftarnya menyertakan portofolio. Ada program studi pendidikan jasmani dan olahraga, musik, tari, teater, fotografi, seni karawitan, seni pedalangan, etnomusikologi, dan sendratasik. Kemudian, ada film dan televisi, dan seni rupa, desain, dan kriya.

“Bagi siswa yang memilih program studi kesenian dan olahraga diwajibkan untuk menyertakan portofolio sesuai ketentuan. Portofolio yang disertakan wajib menggunakan template file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan proses penilaian,” tulis pihak SNPMB.

Diketahui, pada pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 ini, para peserta terbagi dalam tiga jenis. Ada peserta reguler, Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah gratis, dan KIP kuliah bayar.

Berdasarkan 664.947 peserta yang sudah melakukan finalisasi, sebanyak 454.506 peserta reguler. Lalu, KIP kuliah gratis sebanyak 146.144 peserta. Kemudian, untuk KIP kuliah bayar ada 64.297 peserta.

Peserta juga dipetakan berdasarkan pilihan program studinya. Pilihan pertama, untuk jenjang S1 terdapat 613.715 peserta, jenjang D4 ada 33.629 peserta, dan jenjang D3 sebanyak 17.603 peserta.

Sedangkan untuk pilihan kedua, jenjang S1 sebanyak 578.241 peserta, jenjang D4 terdapat 46.537 peserta, dan jenjang D3 ada 30.058 peserta. Ada juga peserta yang belum memilih, yakni sebanyak 10.111 peserta. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button